Nama Michael Jordan terus bersinar terang. Pensiunan basket itu tak cuma meninggalkan berbagai aksi di lapangan, tapi juga sebagai budaya pop.

Jordan adalah legenda dalam setiap arti kata. Sepatu yang menyandang namanya memiliki status yang sama. Pada 1984, Nike sedang berusaha mengubah citra sebagai label sport apparel.

Sementara Jordan, seorang pemula dengan Chicago Bulls dan pemain terpanas, jadi orang yang tepat untuk bermitra dengan mereka. Setelah beberapa cerita, mereka akhirnya bekerjasama, menghasilkan mahakarya.

Baca Juga: Air Jordan X Billie Eilish Bikin Sneakers 100% Bahan Vegan



Berikut sepatu-sepatu Jordan paling keren yang pernah dirilis:

1. Air Jordan I Rilis Asli: 1985



Ini dia yang memulai semuanya. Lo bisa berdebat sepanjang hari tentang sneaker mana yang mengklaim paling substantif untuk menciptakan budaya sneaker seperti yang kita kenal sekarang.

Tetapi jika argumen itu tidak fokus pada Air Jordan I, lo melakukan sesuatu yang salah. Dari bantalan udara revolusioner, hingga logo sayap yang mewakili pemula yang terbang tinggi, AJ1 terus menjadi cawan paling suci di antara para kolektor.

2. Air Jordan III Rilis Asli: 1988



Jordan III adalah desain pertama Tinker Hatfield, yang mengambil kendali dari Peter Moore. Hatfield melanjutkan desain Swoosh yang diperkenalkan di AJII.

Ia juga menambahkan lidah sepatu yang menarik pada bagian atasnya. Itu juga memperbesar ruang lingkup desain sepatu kets. Tapi yang paling keren adalah siluet anti gravitasi Jordan sebagai logo, yang dikenal sebagai Jumpman.

3. Air Jordan XI Rilis Asli: 1995



Saat itu tahun 1995, dan Michael Jordan adalah bintang terbesar di planet ini. Setelah dua musim bertugas di MLB, Jordan kembali ke lapangan basket dengan kepala tegak.

Dia memenangkan gelar juara NBA keempatnya, dan dinobatkan sebagai MVP. Terlebih lagi, Jordan memantapkan posisinya dalam budaya pop dengan membintangi Space Jam. Dan sepatu kets yang dia kenakan di film itu, Air Jordan XI.

4. Air Jordan IV Rilis Asli: 1989



Air Jordan XI mungkin memiliki peran utama dalam Space Jam, tetapi sneaker pertama dalam koleksi yang menghiasi layar perak adalah Air Jordan IV. Itu muncul di Do the Right Thing Spike Lee.

Ini juga jadi Jordan pertama yang tersedia di semua pasar. Dibangun di atas elemen desain yang berpikiran maju dari pendahulunya.

5. Air Jordan II Rilis Asli: 1986



Tidak menyenangkan menjadi anak tengah, terutama ketika lo terjepit di antara terobosan Jordan I dan Jordan III yang jadi favorit.

Namun, akhir-akhir ini, Air Jordan II mendapatkan daya tarik di antara para penggemar. Ini adalah Jordan pertama yang memanfaatkan detail mewah.