Jadi Pemimpin Nggak Cuma Modal Pintar

LAZONE.ID - Intip gimana John Wooden sang pelatih UCLA, mampu bikin timnya jadi salah satu klub basket paling disegani di Amerika Serikat.

Lihat Jose Maurinho teriak-teriak di pinggir lapangan sampai pernah ribut dengan wasit, official maupun pelatih lawan, sepertinya kerjaan pelatih berat banget yah? Kelihatannya aja mereka sok merintah ini itu bahkan kepada pemain kelas dunia sekalipun. Well, di balik itu semua pelatih klub bola nggak cuma Maurinho, punya beban yang sangat berat.

Tenang, kali ini bukan ngulik tentang si Pelatih Chelsea kok. Tapi, seorang pelatih klub basket bernama John Wooden. Pencapaiannya dalam kepelatihan sangat fenomenal dengan beberapa kali membawa UCLA menang berturut-turut dalam NCAA. No one can compare him! Untungnya sebelum meninggal John sempat membocorkan tips suksesnya, terutama soal kepemimpinan. Apa aja? Loe perhatiin ulasan ini baik-baik.

Mau sukses kayak apa pun, bakal selalu ada orang yang nggak suka

Hal yang kayak gini emang selalu bakal kejadian, Bro. No need to pay attention, lakukan aja apa yang udah menjadi tugasmu. Tutup telinga untuk hal yang bikin mental tim kamu drop, tapi jangan mendongak terus ke atas ketika semua goal tercapai.

Berikan kepercayaan kepada orang yang berhak

Sebelum John memutuskan pensiun, ternyata ia udah mengincar penggantinya sejak lama. Adalah Tony Hinkle yang menurutnya pantas menjadi sosok pelatih baru, meskipun pencapaiannya nggak terlalu bagus. Kamu juga bisa melakukan ini ketika memimpin sebuah tim. Kasih mereka yang potensial kesempatan untuk bersinar bersama denganmu.

Kamu bakal menang mudah dengan seorang bintang tapi rendah hati

Dalam sebuah pertandingan melawan tim asal Kentucky, Marques Johnson yang merupakan forwarder andalan UCLA berhasil mencetak angka fantastis. Tim siap melumat lawan dengan mudah kali ini. Tapi, John membuat keputusan unik dengan menarik keluar Johnson. Anehnya, si pemain andalan sama sekali nggak marah atau tersinggung. Kejadian kayak gini juga bisa kamu implementasikan di tim yang loe pimpin. Pupuk mereka dengan kerendahan hati, tapi tetap menunjukkan yang terbaik. Percaya deh kamu bakal menang besar.

Nggak mudah untuk jadi pemimpin, tapi bukan hal yang nggak mungkin. Kalau John Wooden mampu jadi sosok fenomenal, kamu pun sama.