Jenis Kopi Terbaik Milik Indonesia

LAZONE.ID - Untuk menikmati sajian kopi yang berbeda, sepertinya nggak perlu pergi jauh hingga ke luar negeri. Di Indonesia sendiri, banyak jenis kopi yang tersedia.

Kebiasaan mengonsumsi kopi sepertinya udah nggak bisa lepas dari penduduk negeri ini. Minuman ini emang selalu menemani setiap aktivitas, baik ketika pagi hari, siang atau malam hari. Nggak heran jika banyak orang selalu tertarik untuk mencoba berbagai sajian kopi yang berbeda.

Untuk menikmati sajian kopi yang berbeda, sepertinya nggak perlu pergi jauh hingga ke luar negeri. Pasalnya, di Indonesia sendiri banyak sekali jenis kopi yang berbeda tiap daerah. Bahkan ada beberapa yang ekspor ke manca negara. Apa aja sih? Berikut adalah daftarnya.

Kopi Wamena Papua

Biji kopi ini tumbuh di Lembah Baliem Pegunungan Jayawijaya, Wamena, dan merupakan jenis arabika. Penanamannya masih menggunakan cara tradisional yang bebas penggunaan pupuk kimia. Berbeda dengan arabika yang lain, kopi Wamena nggak begitu asam.

Kopi Lintong

Kopi ini banyak dibudidayakan di Lintong Ni Huta, Medan. Daerah penanamannya yang banyak berdekatan dengan kebun buah, menjadikan cita rasa kopi Lintong sangat beragam. Rasanya yang agak deep sukses membuat kopi ini menembus pasar Eropa.

Kopi Toraja

Kopi Toraja ada yang dimasukkan dalam jenis arabika maupun robusta. Tanamannya banyak ditemui di daerah Pegunungan Sapan, Sulawesi. Gabungan unik antara aroma tanah dan kopi, membuat kopi di daerah ini terjual hingga Jepang dan Amerika Serikat.

Nggak perlu keliling dunia kok untuk menikmati sajian kopi yang berbeda, cukup jelajahi nusantara.