'Jual Diri' dengan Resume Eye Catching

LAZONE.ID - Resume merupakan presentasi diri loe. Keseluruhan paket, dari materi resume atau kualitas loe dan tampilannya mesti menonjol. Gimana caranya? .

Kesan pertama itu penting, termasuk dalam pencarian pekerjaan. Karena meningkatkan karir, mencari pekerjaan yang lebih baik, merupakan perkara tebar pesona. Dan resume merupakan salah satu amunisi utamanya. Kualitas luar biasa pun mesti dikemas dalam resume yang eye catching. Kalau enggak begitu, bersaing dengan tumpukan resume lain di meja Human Resourse Manager atau calon user loe.

Resume merupakan presentasi diri loe. Keseluruhan paket, dari materi resume atau kualitas loe dan tampilannya mesti menonjol. Gimana caranya? .

 

Satukan Semua

Pastikan isinya lengkap, baru sesudah itu pikirin soal desain dan layout. Penampilan memang penting tapi enggak ada gunanya kalau resume enggak ada isinya, riwayat kerja atau kualitas lo enggak komplet. 

 

Manfaatkan Template

Loe bukan desainer dan enggak punya waktu buat merancang? Cara paling cepat, pakai template resume yang menarik. Ada banyak pilihan yang bisa jadi referensi di internet. Tapi pastikan, elo memilih template yang memenuhi syarat. Yaitu, ada di poin berikut.

 

Font Menarik

Bingung dengan banyaknya pilihan font di OS laptop loe? Kalau bingung, patokannya sederhana, pilih font yang simpel dan ramping. Seperti Georgia, Book Antiqua and Tahoma. Lupakan font terlalu rame seperti Comic Sans. Ukurannya, jangan lebih kecil dari 9 atau lebih besar dari 12.

 

Informasi Kontak

Tulis nama dan kontak loe dengan jelas di bagian paling atas. Ini merupakan bagian terpenting, seperti kop surat. Ini mesti menarik, menciptakan kesan positif dan kredibel. Sehingga pembacanya ingin membaca resume loe leebih lanjut.

 

Bisa Dibaca Cepat

Ingat, banyak perekrut memeriksa resume yang diterimanya di layar komputer. Artinya mereka hanya membaca cepat dan sekilas, tidak menyimak tiap katanya. Jadi pastikan resume loe bisa dibaca dan menciptakan kesan positif dengan cepat. Caranya : tandai heading loe dengan yang dimiringkan, tebal atau lebih besar dengan space putih agar mudah dibaca. Gunakan paragraph pendek dan point, tekankan beberapa poin penting dengan huruf tebal, tapi jangan berlebihan. Jangan menulis dengan semua kapital karena semua jadi terlihat sama.

 

Warna

Resume dengan warna hitam putih itu biasa. Menambahkan sedikit warna enggak masalah, tapi pastikan masih senada, enggak keramean. Bahkan walaupun posisi yang dilamar berkaitan dengan desain, jangan berlebihan memoles resume loe. Jangan terlalu banyak garis, pembatas atau bullets aneh-aneh. Apalagi kalau perusahaan yang diincar konservatif.

 

Link Ke Sampel Kerja

Kalau loe desainer, penulis, fotografer atau profesi kreatif lainnya, buatlah resume yang enggak standar. Biar bikin HR Manager makin wow, cantumkan link ke contoh karya loe.