Kenali Biar Dapat Kopi Paling Pas

LAZONE.ID - Pahami yuk, aneka istilah kopi. Makin paham, makin pas di lidah, perut dan hati.

Pahami yuk, aneka istilah kopi. Makin paham, makin pas di lidah, perut dan hati.

Ngopi atau nongkrong di ‘warung’ kopi sekarang sudah jadi bagian dari hidup kita. Enggak hanya ketemu teman buat santai, bahkan kerja pun bisa dilakukan sambil mojok di warung kopi trendi. Suguhan kopinya pun kini makin beragam, dengan berbagai istilah beraroma Italia. Eksotik, tapi kadang juga ngebingungin. Jangan cuma pilih cappucinno atau latte mulu. Kenali aneka racikan kopi klasik ini, agar mendapatkan yang paling pas di lidah dan hati loe...

1. Espresso

Cocok buat penggemar berat kopi. Racikan ekstraksi biji kopi yang sudah digiling, diperoleh dengan menyemburkan air panas bertekanan tinggi, dengan krim di atasnya. Krimnya beneran krim dari buih kopi. Krim ini yang bikin aroma kopi luar biasa menggiurkan.

2. Espresso Doppio

Doppio merupakan bahasa Italia, artinya double. Jadi artinya, double espresso. Double dalam volume kopi, begitu juga ukuran airnya. Biasa juga disebut standard double.

3. Espresso Cortado

Espressi dengan sedikit tambahan susu hangat. Perbandingan susu dan kopinya antara 1:1 atau 1:2, dan susunya baru ditambahkan setelah espresso. Kata cortado sendiri berasal dari bahasa Spanyol, artinya potongan.

4. Ristretto

Alias Restricted Shot, ‘embahnya’ kopi pekat. Racikannya serupa dengan espresso, tapi menggunakan air lebih sedikit. Dibuat dengan air yang keluar mesin dibatasi, tapi dalam waktu yang sama seperti saat membuat espresso biasa. Atau bisa juga kurangi waktu ekstraksi, sehingga air yang melewati gilingan kopi jadi lebih sedikit.

5. Lungo coffee

Lungo, bahasa Italia artinga lama. Mengacu pada racikan kopi yang dibuat dengan mesin espresso double ataupun single, dengan air lebih banyak, biasanya dua kali lipat. Hasilnya, espresso yang yang lebih lama. Espresso biasanya dibuat dalam 18-30 detik untuk menghasilkan ekstrak 25-30 mili. Lungo, dibuat selama lebih dari 1 menit dan menghasilkan 50-60 mili kopi.

6. Macchiato

Espresso dengan campuran sesendok susu hangat.

7. Espresso con panna

Straight shot espresso dengan sesendok whipped cream.

8. Cappucinno

Secara tradisioal dibuat dengan sepertiga espresso, sepertiga susu dan sepertiga foam.

9. Flat white coffee

Mirip dengan latte, tapi dengan volume lebih kecil. Proporsi kopinya lebih besar dari susu dan susunya lebih lembut.