Kenapa Warna Janggut Berbeda dengan Warna Rambut?

LAZONE.ID - Nggak perlu khawatir dengan warna rambut jenggot nggak sama, ketahui tanda dan cara pencegahannya berikut.

Nyadar nggak sih kalau warna rambut pada area kepala seringkali beda sama warna rambut yang tumbuh di daerah janggut, atau biasanya disebut dengan jenggot. Bahkan kadang warna pada kumismu juga sedikit berbeda, kan? Calm down! Jangan keburu panik dulu terus langsung nyari cat rambut biar warnanya sama. Kamu perlu tahu apa penyebab dibalik perbedaan warna ini, Guys.

Hal pertama yang menyebabkannya berbeda adalah tingkat pigmentasi pada folikel rambut. Pigmentasi ini nih yang bisa mengubah warna rambutmu menjadi agak sedikit kemerahan atau bahkan cenderung abu-abu. Setiap folikel rambutmu berisi campuran eumelanin (hitam dan cokelat) dan pheomelanin (merah dan kuning). Lagipula, setiap orang punya pigmentasi yang berbeda-beda, dan hal kayak gini wajar kok. No need to worry!

Ada lagi ternyata selain pengaruh pigmen alami, yaitu stress dan kurangnya asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhmu. Coba deh kamu ingat-ingat lagi, selama ini makananmu mengandung gizi seimbang, nggak? Kalau belum berarti ini saatnya kamu melakukan perbaikan gizi. Jangan salah, jenggot yang berwarna menarik juga bisa dapat perhatian dari lawan jenis lho.

Overexposure yang kamu dapatkan dari sinar matahari juga bisa jadi alasan perubahan warna rambutmu. Jadi sekarang, coba kamu tambahkan vitamin pada rambutmu. Gunakan kondisioner yang biasanya kamu pakai buat rambut dan aplikasikan ke jenggotmu. Gampang kok!