Kopi Kawa, Yang Unik Dari Lembah Harau

LAZONE.ID - Jika kopi pada umumnya menggunakan olahan bijinya, kopi Kawa memakai bagian daunnya sebagai bahan utama.

Wilayah yang luas membentang serta ratusan jenis adat yang berbeda, memungkinkan Indonesia memiliki berbagai hal, termasuk kuliner tradisional. Seperti yang kamu tahu, nggak hanya makanan aja nih, negeri ini juga kaya banget ragam minuman. Salah satu yang paling menarik untuk dicoba adalah kopi Kawa dari Lembah Harau, Sumatra Barat.

Mendengar namanya, mungkin kamu bakal membayangkan kopi Kawa adalah minuman tradisional dengan rasa yang khas. Sayangnya, minuman ini bakal sangat berbeda dengan ekspektasimu. Jika kopi biasanya adalah hasil olahan biji, maka minuman ini berasal dari daun kopi itu sendiri.

Ada alasannya nih, kenapa penduduk Lembah Harau menggunakan daun kopi sebagai minuman khas. Nah, dulu ketika jaman kependudukan Belanda, penduduk di daerah ini diharuskan untuk menyetorkan semua hasil kopi yang dimiliki. Penjajah tersebut pun nggak mengizinkan seorang pun untuk menikmati biji kopi tersebut. Nggak kehilangan akal, para penduduk pun memanfaatkan daun sebagai ganti bijinya.

Karena diolah dari bagian yang berbeda, maka rasa kopi Kawa pun nggak sama dengan minuman sejenis lainnya. Sajian ini memiliki aroma yang nggak sekuat kopi, tapi justru memiliki rasa yang sedikit lebih manis. Bagi penggemar minuman kental hitam tersebut, Kawa bisa jadi alternatif selingan yang nggak bakal bikin rugi.

Nggak hanya rasanya yang unik aja, penyajian kopi Kawa juga sangat menarik. Jika kopi biasa menggunakan cangkir atau gelas, maka minuman tradisional ini menggunakan batok kelapa yang dibagi dua. Tertarik? Rencanakan untuk mengunjungi Lembah Harau deh!