Latihan Buat Problem Punggung, Sedikit Gerakan Yang Mesti Rutin Dilakukan

LAZONE.ID - Punggung memegang peranan penting untuk menjaga postur loe biar nggak bungkuk. Dan di bagian punggung juga pusat syaraf yang menghubungkan bagian penggerak tubuh dengan otak.

Punggung memegang peranan penting untuk menjaga postur loe biar nggak bungkuk. Dan di bagian punggung juga pusat syaraf yang menghubungkan bagian penggerak tubuh dengan otak. Makanya bagian ini sangat penting.

Sayangnya, bagian ini pula yang sering mendapat porsi perhatian lebih kecil karena saat ngaca nggak kelihatan. Padahal kalau sudah bermasalah, seperti nyeri, baru deh diperhatikan, merasakan badannya sakit semua. Ya iyalah…ini kan pusat syaraf tubuh.

Apalagi buat loe yang sering nyetir atau naik motor jauh-jauh. Pasti ngerasain punggung nyeri dari pinggul hingga leher bagian belakang. Jangan loe sepelekan Bro.

Buat yang punya masalah punggung, bisa mencoba gerakan-gerakan latihan supaya nyeri berkurang dan lama-lama hilang, sekaligus melatihnya biar kuat. Caranya, Siapkan matras dan bantal kecil atau buku tebal buat alat bantunya.
Latihan pertama, berbaring di matras dengan alas bantal kecil atau buku di tengkuk, lipat lutut dan taruh telapak kaki di matras dengan jarak selebar bahu. Kedua tangan terentang menelungkup di lantai. Jatuhkan kedua lutut ke sisi kiri sampai rebah sama sekali. Tahan otot punggung dan bahu tetap lurus. Lalu ganti ke sisi kanan. Lakukan sekitar 10 kali gerakan, masing-masing lima kali kanan dan lima kali kiri.

Latihan kedua, tengkurap dengan bagian dada menempel di matras. Kedua telapak tangan diletakkan di lantai untuk gerakan push up tanpa mengepalkan jari-jari, kaki renggang dengan jarak selebar bahu. Lalu angkat bahu dengan tumpuan pada kedua tangan, tanpa mengangkat kaki atau menekuk lutut. Dagu mendongak semaksimal mungkin. Dalam yoga disebut sebagai cobra pose. Kuatkan otot-otot punggung atas dan bawah, serta otot bokong. Lakukan sekitar lima set atau gerakan sampai terasa kontraksi otot.

Sedikit gerakan itu, kalau loe coba jalankan dengan rutin akan menguatkan tulang punggung loe Bro. Gak perlu lama-lama, cukup 15 hingga 20 menit setiap hari. Yang penting gerakan gak terlalu kencang. Sebab gerakan terlalu kencang malah bikin tulang punggung loe dipaksa untuk gerak, dan merusak strukturnya.