Manfaat Olahraga Angkat Beban

LAZONE.ID - Siapa yang menyangka jika ternyata manfaat angkat beban nggak cuma baik untuk fisik aja, melainkan juga untuk otak.

Angkat beban adalah salah satu jenis olahraga populer untuk kamu yang pengen punya badan berotot. Tapi, siapa yang menyangka jika ternyata manfaat angkat beban nggak cuma baik untuk fisik aja, melainkan juga untuk otak. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa melakukan kegiatan tersebut bisa meningkatkan kemampuan untuk mengingat.

Sebuah penelitian dilakukan oleh para peneliti dari Georgia Institute of Technology, dengan melibatkan sekitar 46 orang partisipan. Tes dimulai dengan diberikannya beberapa gambar untuk kemudian diingat. Beberapa waktu kemudian, subyek tes dipersilahkan untuk mengingat kembali gambar tersebut.

Kesimpulan yang dihasilkan adalah partisipan yang melakukan angkat beban bisa mengingat 10 persen lebih banyak, dibandingkan dengan partisipan yang nggak melakukannya. Jadi, ternyata hubungan angkat beban dengan ingatan emang terbukti.

Sebuah penelitian di Brazil juga menyimpulkan bahwa latihan angkat beban selama enam bulan bermanfaat meningkatkan fungsi otak. Khususnya untuk kemampuan mengingat jangka pendek dan panjang. Bahkan ada penelitian dengan hasil lebih ekstrim lagi nih. Mereka mengatakan jika cukup hanya sekali angkat beban, maka kemampuan mengingat pada otak berangsur meningkat.

Nah, jika kamu ingin meningkatkan kemampuan mengingat, coba deh lakukan olah raga angkat beban ini. Nggak hanya bikin otak makin tajam aja, weight lifting sendiri pun bisa membantu membakar kalori, sehingga membuat tubuhmu makin sehat.