Mengatasi Nyeri Otot Setelah Workout

LAZONE.ID - Nyeri yang terjadi setelah selesai melakukan olah raga emang sering terjadi. Tapi, hal tersebut bisa kok diatasi dengan cara yang tepat.

Berolahraga memang jadi kegiatan yang sehat dan dianjurkan untuk rutin dilakukan. Namun biasanya porsi yang terlalu berat berakibat nyeri pada otot. Rasa nyeri ini akan membuat seseorang jadi malas melakukan olahraga lagi. Eits! Jangan malas dulu! Di bawah ini ada tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi nyeri otot setelah berolahraga.

Meminum kopi

Meminum kopi sebelum melakukan olahraga ternyata bisa meningkatkan kekuatan otot lho. Secangkir kopi sebelum olahraga? It would be good!

Lakukan gerakan yang stabil

Saat melakukan exercise, usahakan melakukan gerakan stabil bertingkat. Hal ini untuk menghindari otot kaget karena gerakan yang tak terduga.

Beristirahat

Agar otot tidak bekerja terlalu keras, berikan jeda waktu saat akan melakukan pemanasan dan pendinginan.

Konsumsi air putih

What’s so important when exercising? Mineral water! Minum air putih tiap 15 menit akan mencegah dehidrasi dan menambah energi.

Konsumsi minuman penambah energi

Kalau kamu adalah tipe orang yang mudah berkeringat, minum air putih saja saat berolahraga tidaklah cukup. Sebaiknya segera konsumsi minuman penambah energi.

Relaksasi

Meregangkan tangan dan kaki tiap sebelum dan sesudah berolahraga jadi part penting yang biasanya terlupakan.

Makanan penambah nutrisi

Setelah berolahraga, kemungkinan tubuh akan kehilangan banyak nutrisi. Oleh karena itu sebaiknya konsumsi camilan dengan kadar karbohidrat dan protein yang tinggi.

Lakukan pemijatan

Setelah berolahraga, coba pijat bagian-bagian tertentu untuk melancarkan sirkulasi dan meredakan nyeri otot.

Mandi menggunakan air dingin

Setelah berolahraga sebaiknya mandi menggunakan air dingin untuk mengurangi risiko inflamasi pada otot.

Semoga tips-tips di atas bisa membentuk kamu untuk mencegah nyeri otot setelah berolahraga. Selamat mencoba!