Mr. Erbil, Fashion Pria Irak di Tengah Medan Perang

LAZONE.ID - Siapa bilang pria Irak tidak bisa bergaya.

Jika mendengar kata Irak, yang ada di pikiran lo pasti perang, tanah gersang dan pemandangan yang mengenaskan akibat bentrokan antara angkatan militer dengan grup Islamic State (IS).

Walaupun dilanda konflik yang tak kunjung usai, baru-baru ini negara itu menjadi terkenal bukan karena berita berbau IS tapi karena posting-an Instagram sekumpulan lelaki Irak yang berpakaian super modis ala Barat, lengkap dengan jas, celana berpotongan slim fit dan brewok hipster yang dicukur rapi. Gaya fashion mereka ramai disebut netizen sebagai “Iraq's first gentleman's fashion club" dan “Iraqi hipsters”.

Nah, sekumpulan pria Irak pecinta fashion itu mempunyai komunitas yang bernama Mr. Erbil Gentlemen’s Club. Sebenarnya sih, basic dari style dia itu lebih memadukan gaya berpakaian ala barat dengan gaya berpakaian tradisional kaum Kurd.

Omer Nihad, salah satu pendiri klub tersebut mengaku awalnya hanya iseng dan tidak pernah terpikir mereka sampai terkenal seperi itu, apalagi banyak media asing yang meliputnya.

Erbil adalah ibukota dari Kurdistan, sebuah daerah yang dibatasi oleh Iran, Turki dan Syria. Karena letaknya berdekatan dengan Mosul, banyak pengungsi yang melarikan diri ke Erbil untuk menghindari perang dan IS.

Di tengah-tengah keadaan ekonomi yang buruk dan situasi tegang akibat perang, anggota-anggota Mr.Erbil malah berhasil memperlihatkan sisi lain dari kota Erbil yang indah kepada dunia melalui hasil-hasil foto fashion mereka yang di-upload ke Instagram dan media sosial lainnya.

Enggak cuma soal fashion saja, Mr.Erbil berharap dapat menjadi wajah kaum Kurd muda yang menginginkan masa depan yang lebih baik serta mempromosikan budaya Kurd kepada dunia. Selain itu, mereka juga berharap dapat mengubah pandangan tradisonal kaum Kurd terhadap hak asasi wanita dengan meng-upload gambar mengenai isu-isu yang berhubungan dengan wanita di Kurdistan, Irak dan dunia.

Mr. Erbil beranggotakan sekitar 40 orang. Sata ini, mereka telah memiliki lebih dari 68.000 follower di Instagram. Mereka berambisi suatu saat nanti mereka akan meluncurkan merek pakaian sendiri.