Nasi Ambang, Rames-nya Malaysia

LAZONE.ID - Pengobat rindu, kalau mendadak lidah loe kangen racikan Jawa saat di negeri seberang.

Pengobat rindu, kalau mendadak lidah loe kangen racikan Jawa saat di negeri seberang.

Soal asimilasi budaya yang dibawa kaum pendatang dan diterima oleh masyarakat lokal sudah banyak contohnya. Nggak terkecuali di sektor kuliner. Seperti Nasi Ambang, hidangan yang laris manis di Malaysia. Khususnya bagian semenanjung selatan seperti Johor dan Selangor.

Menu ini nggak lain adalah adaptasi lidah masyarakat setempat terhadap makanan Jawa, yang dikenalkan oleh kaum imigran asal negara kita. Kalau di tanah Jawa, namanya adalah nasi ambengan.

Ambengan sendiri artinya "piring". Lafal di sono sedikit beda sehingga ambeng menjadi ambang. Di Jawa, makanan ini muncul di acara-acara keluarga, hari besar atau peringatan tertentu, dengan ditaruh di nampan atau tampah dan dimakan ramai-ramai. Bisa juga pakai besek bambu, dus atau piring dan dimakan sendiri-sendiri dalam sebuah acara.

Di Malaysia, penyajiannya nggak jauh beda. Bisa ramean atau sendirian. Menunya ngikutin nasi rames. Yaitu nasi putih, telur rebus, sambel bajak, mi atau bihun goreng, opor atau goreng ayam, krupuk atau rempeyek, dan perkedel yang disebut orang sono sebagai brigidil.

Lumayan banget kalau lidah loe mendadak kangen masakan Jawa saat di Negeri Jiran.