Negoisasi Kerjasama Buntu? Ini Cara Mengatasinya

LAZONE.ID - Negosiasi kadang berjalan mudah, tapi nggak jarang juga sangat sulit hingga berakibat gagalnya kesepakatan. Nah, jika kamu mengalami ini, masih ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan kok.

Dalam bisnis maupun dunia kerja, kadang sekali atau dua kali kamu bakal melakukan negosiasi. Meskipun sepertinya kelihatan mudah, tapi kadang hal ini bisa sangat sulit. Bahkan meskipun udah berusaha sebisa mungkin, akhirnya nggak terjadi kesepakatan.

Jika kamu mengalami hal tersebut, jangan down atau menyerah ya. Pasalnya, masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan ketika negosiasi berakhir buntu. Nah, berikut adalah ulasannya.

Ingat! Daya ingat manusia berjangka pendek

Hanya segelintir orang yang mengingat kejadian masa lampau dengan sangat detail. Maka dari itu, jangan heran jika bos atau dewan direksi hanya bakal mengingat hal-hal keren yang kamu lakukan dalam waktu yang singkat. Hal ini pun juga mempengaruhi ketika kamu bernegosiasi. Maka dari itu, cara yang pas adalah menceritakan hal-hal hebat yang pernah kamu lakukan. Hal ini berguna membuat mereka makin yakin.

Bagi dan tentukan prioritas

Sebelum melakukan negosiasi, usahakan udah menyiapkan semuanya dengan benar. Jika udah, coba bagi prioritas. Hal tersebut akal mempermudah kamu dalam pengambilan keputusan nantinya.

Ambil satu langkah pada satu waktu

Jangan langsung bernegosiasi hal yang besar. Coba mulai dari bagian-bagian kecil terlebih dulu dengan kemungkinan sepakat lebih besar. Hal tersebut bakal lebih baik dari pada kesepakatan besar sekaligus tapi gagal.

Mengalah Untuk Menang

Negosiasi itu seperti sebuah tarian. Ada gerakan berhenti, bergerak, atau melangkah. Jika pihak lain nggak ingin bergeser, berarti mereka mengharapkanmu untuk mundur. Jika diharuskan, ambil langkah ini dan jelilah melihat peluang ke depan.

Nah, jika udah terjadi kesepakatan yang diinginkan, maka salah hal yang perlu dilakukan adalah menjaga hubungan tersebut dengan baik.