Puasa Bolongkan Niat Olahraga? Jangan Sampai!

LAZONE.ID - Berolahaga saat puasa? Pasti ogah ngebayanginnya.

Berolahaga saat puasa? Pasti ogah ngebayanginnya. Gimana enggak? Saat perut kosong karena menahan lapar dan haus malah harus membuang energi yang seharusnya disimpan biar kuat puasa seharian. Banyak orang, termasuk loe mungkin, pasti lebih memilih tidur dari siang hingga bedug Maghrib menjelang.

Membuka mata di saat berbuka memang jadi salah satu impian di bulan puasa, Bro. Tapi kenapa harus meninggalkan olahraga supaya badan tetap sehat karena puasa? Dengan pengaturan jadwal yang tepat, loe juga tetap bisa berolahraga di saat puasa kok.
Berikut adalah pilihan olahraga yang disarankan di bulan puasa ini.

Jalan Kaki
Daripada diam di rumah sambil menunggu adzan Maghrib berkumandang, kenapa olahraga tipis-tipis jalan kaki bareng si dia sambil ngabuburit. Nggak usah pakai motor, Bro. Manfaatkan waktu dengan berjalan kaki dari rumah ke lokasi. Manfaatkan waktu selama mungkin buat jalan-jalan sambil survei jajanan yang ditawarkan di lokasi tersebut. Dijamin, loe bakalan lupa kalau lagi puasa, sekaligus ndeketin si dia.

Bersepeda Santai
Loe bisa melakukan kegiatan ini di pagi, sekitar dua jam setelah sahur, atau sore hari menjelang berbuka. Pastikan untuk memakai gear ringan supaya nggak banyak tenaga yang terkuras. Selain itu, pilih rute tanpa tanjakan, Bro. Misalnya di sekitar perkotaan saja. Perhatikan pula kemampuan tubuh. Jangan sampai terjadi dehidrasi jauh sebelum waktu berbuka tiba.

Futsal
Kalau loe nggak bisa ninggalin olahraga ini walaupun saat puasa, solusinya adalah melakukan aktivitas ini dengan jadwal yang diubah. Jangan lupa buat booking lapangan sekitar satu jam sebelum waktu berbuka, Bro. Dengan begitu, setelah berlarian mengejar bola, loe bisa berbuka bareng teman-teman dengan sebotol air untuk mengganti cairan keringat yang hilang saat futsal tadi. Ajak juga si dia untuk nyemangatin loe dari pinggir lapangan.

Jogging
Jogging termasuk olahraga berat, Bro. Untuk itu jangan lakukan setelah sahur. Simpan energi buat aktivitas ini di sore hari, beberapa jam sebelum berbuka. Tetap pantau kondisi tubuh dan jangan paksa bila performa mulai menurun karena terkurasnya tenaga.

Itulah empat aktivitas olahraga yang bisa loe lakukan di bulan puasa. Jangan lupa buat memperhatikan jadwal dan kondisi tubuh sebelum dan saat melakukannya. Lakukan secukupnya dan jangan terlalu memaksakan diri saat kondisi mulai melemah, Bro.

Selamat berolahraga di bulan puasa!