Push Diri Loe Tembus Latihan Marathon

LAZONE.ID - Jika dilatih dengan tepat selain loe sehat juga syukur-syukur bisa menjadi juara marathon.

Menjadi sehat sebenarnya tidaklah mahal, bahkan banyak olahraga murah yang bisa loe lakuin. Lari adalah salah satu olahraga yang paling murah dan bisa loe lakuin kapan pun.

Terlebih, kini banyak event lari seperti color run hingga electro run yang digelar. Jika dilatih dengan tepat selain loe sehat juga syukur-syukur bisa menjadi juara marathon. Well ini Bro tips jika loe pengen menjadi juara, ada 4 hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai.

Ketahanan

Ketahanan menjadi dasar penting bagi pelari marathon dalam menjaga stamina. Ketahanan ini meliputi pengaturan nafas serta ritme lari yang dinamis dan tidak memaksa. Pelari yang memiliki ketahanan baik mampu berlari selama 2 hingga 3 jam secara konstan.

Untuk mengatur ketahanan serta ritme saat berlari, loe harus berlatih berlari dengan dengan jarak pendek dan kemduian ditambah setiap porsinya. Latihan ini berfungsi untunk menguatkan otot kaki serta mengatur nafas agar tidak ngos-ngosan.

Kekuatan

Dala berlari terutama marathon juga dibutuhkan kekuatan dalam melangkahkan kaki. Berbeda dengan sprinter, marathon harus konstan mulai dari awal hingga akhir agar stamina tidak cepat drop.

Otot kaki yang kuat menjadi kunci bagi pelari marathon supaya kakinya tidak gampang lemas ataupun kram. Untuk melatih kelenturan kaki saat memijak, dibutuhkan porsi latihan seperti skipping, atau squat jump secara intens dengan porsi secukupnya. Pemanasan juga sangat perlu Bro sebelum kamu memulai untuk berlari.

Atur Ritme

Seperti musisi, pelari juga harus pandai mengatur ritme baik nafas hingga tekanan tumpuan kaki pada medan yang dilalui. Marathon tak hanya menempuh jalan datar saja, namun terkadang harus melewati trek menanjak da menurun serta jalanan yang tidak rata, di sinilah saatnya loe memainkan ritmenya.

Dalam seminggu variasikan porsi latihan dengan menanjak dan menurun serta imbangi dengan trek gravel (berbatu). Buat skema latihan sembari menentukan latihan trek serta titik dimana loe harus menambah atau mengurangi speed.

Keempat latihan dasar tadi adalah kunci segalanya Bro, jika loe sudah menguasai dasarnya maka loe sudah setara dengan para atlit. Loe juga bisa variasikan porsi latihan dengan bersepeda atau berenang serta asupan makanan yang bergizi, selamat berlatih