Sepatu sebagai alas kaki untuk menemani berbagai kegiatan juga pasti punya fungsi yang beragam. Ada yang dibuat untuk alasan safety, dibuat khusus untuk olahraga tertentu, ada juga yang dibuat khusus untuk bergaya casual maupun formal.  Tapi gimana jadinya kalau sepatu olahraga seperti sepak bola punya fungsi juga sebagai sneakers sehari-hari yang bisa digunakan buat bergaya?

Well, sebenarnya ini bukan hal yang baru dengan olahraga lain seperti halnya Adidas Stan Smith yang merupakan sepatu tenis tapi bisa digunakan untuk gaya casual sehari-hari. Atau brand tenar lainnya, Air Jordan yang merupakan sepatu basket namun jadi salah satu brand sneakers paling diburu di dunia dan digunakan sehari-hari juga untuk keperluan style.

Balenciaga melakukan hal yang gak biasa dengan sepatu bola. Mereka membuatnya bisa digunakan juga sebagai sneakers sehari-hari.


Sepatu bola sebenarnya punya material yang gak nyaman digunakan sehari-hari, tapi tentu punya fungsi yang pas untuk mendukung performa para pemain sepak bola di atas lapangan. Tapi Balenciaga membuatnya jadi unik. Mereka membuat ‘sepatu bola’ dengan pendekatan yang mirip seperti sneakers.

Material yang mereka gunakan dalam lini ‘Soccer’ ini pun bisa dibilang mirip dengan sneaker pada umumnya. Seluruh bagian upper termasuk lidah sepatu ini dibuat lebih elastis. Pull yang ada di bagian bawah pun dibuat gak sekeras pull sepatu bola pada umumnya.

Balenciaga juga mendesain ‘sneaker bola’ ini dengan 13 modul traksi di sekelilingnya supaya terasa nyaman digunakan dalam berbagai aktivitas. Supaya lebih nyaman digunakan, bobot sneakers ini juga cuma sekitar 220 gram.


Balenciaga sendiri merilis lini sneaker ‘Soccer’ ini dengan kisaran harga 600-725 dolar AS. Minat buat beli, Bro? Lo bisa mendapatkannya dari situs resmi brand tersebut.