Tak bisa merayakan 75 tahun NBA, tanpa adanya penghargaan buat sepatu-sepatu ini. Sepatu kets, yang lahir dari NBA memang banyak banget sampai jadi budaya pop.

Beberapa sepatu kets ini juga tidak lekang oleh waktu. Ini sepatu-sepatu paling keren dan legenda itu:

1. Air Jordan 1

Baca Juga: Travis Scott Bocorin Sneaker Terbarunya bareng Air Jordan





Tahun rilis 1984, kebangkitan Michael Jordan sebagai budaya pop tak bakal terjadi jika tak ada Air Jordan 1. Sneaker ini melahirkan budaya sneaker modern.

Investasi Nike dalam memberi Michael Jordan garis khasnya mengubah MJ menjadi ikon. Ini adalah sepatu paling berpengaruh sepanjang masa.

2. Air Force 1



Tahun rilis 1982, sepatu ini dipakai Moses Malone. Ini juga salah satu sepatu terbaik sepanjang masa. AF1 tidak akan pernah ketinggalan zaman.

Sneaker terus berkembang sejak dirilis pada tahun 1982 dan telah melalui ribuan iterasi yang berbeda.

3. Reebok Question



Tahun rilis 1996, dipakai oleh Allen Iverson. Sangat sedikit atlet yang menggabungkan olahraga, gaya, dan budaya seperti Allen Iverson.

Model tanda tangan pertamanya, Reebok Question memulai debut pada tahun di mana banyak siluet ikonik. Iverson berani melakukan kolaborasi unik dan memiliki permainan mencolok yang membantunya mendapatkan popularitas dengan penggemar di seluruh dunia.

4. Adidas Superstar



Tahun rilis 1969, dipakai oleh Kareem Abdul-Jabbar. Adidas Superstar dibuat menjadi versi low-top dari siluet ikonik model pro Adidas.

Adidas Superstar adalah sepatu yang populer, mencapai daya tarik hingga RUN DMC merilis lagu 'My Adidas' yang merupakan ode untuk kecintaan mereka pada Shell Toes.

5. Nike Kobe IV



Tahun rilis 2009 dipakai oleh Kobe Bryant. Kobe IV mengubah gaya sneaker selamanya ketika Bryant menginginkan profil berpotongan rendah yang terinspirasi oleh sepatu sepak bola.

Sepatu hoops Nike berpotongan rendah bukanlah hal baru, tetapi Bryant memengaruhi bagaimana gaya itu dikenakan hari ini.

6. Converse Chuck Taylor All-Stars



Tahun rilis 1917, ini adalah sneaker tertua dalam daftar dan sepatu yang tidak akan pernah ketinggalan zaman. Kini, Chucks kehilangan tempat di lapangan NBA dengan cukup cepat karena siluet yang berkinerja lebih baik, mereka melampaui budaya jalanan.

Tapi ingat, sepatu ini jadi yang paling keren hingga kini dengan berbagai sejarahnya.

7. Puma Clyde



Tahun rilis 1973, dipakai oleh Clyde Frazier. Ia dikenal sebagai salah satu pemain paling mencolok yang pernah ada di dalam dan di luar lapangan.

Clyde Frazier menjadi pemain pertama dengan sepatu khasnya sendiri. Menurut Puma, Frazier membuat tiga tuntutan dalam kontrak pertamanya. Dia menginginkan sepatu basket datar yang dibuat dengan suede, tanda tangan Clyde tercetak di setiap sepatu dan jalur warna baru untuk setiap pertandingan NBA yang dimainkan.

8. Converse Weapon



Tahun rilis 1986 dipakai oleh Magic Johnson dan Larry Bird. Converse memiliki sihir pemasaran karena dipakai oleh dua bintang tersebut. Weapon adalah siluet besar dan dipakai oleh banyak bintang di luar Michael Jordan di tahun 80-an.