Short and Strike, Tips Memilih Nama Domain Online Brand

LAZONE.ID - Pengen berwirausaha sejak dini, ikuti tips-tips beriku iniyang akan membuat usaha lo semakin makmur.

Oke, loe memutuskan untuk memiliki sebuah toko online. That’s great, Bro. Belajar berwirausaha sejak dini, nggak ada salahnya kok, tapi kemudian loe bingung, harus pakai domain apa buat membangun toko online ini?

Disarankan, langkah pertama untuk membangun toko website adalah di Shopify. Di sini loe bakal diberi domain gratis dengan URL 'namatokoloe.myshopify.com' atau buat yang pengen lebih bakal diberi kebebasan dengan memilih nama seperti tokogue.com.

Pastinya dengan nama seperti itu bakal bikin toko online loe terasa lebih profesional dan jadi lebih mudah buat mempromosikan produk, Bro.

Masalahnya, kira-kira loe sudah punya nama domain yang mantab buat toko online loe nggak? Nah, daripada bingung sampai nggak bisa tidur semalaman hanya gara-gara mencari nama yang pas buat domain, ada beberapa tips untuk menciptakan sebuah nama domain.

Perhatikan Esensi
Kalau memilih domain, pastikan bahwa namanya singkat, catchy, dan mudah diingat. Pakai nama yang mudah pengucapan dan pelafalannya. Jangan yang susah-susah sampai bikin lidah belibet.

Pastikan Lain Daripada Yang Lain
Hindari penggunaan nama domain yang terlalu mirip dengan toko online lainnya. Yang paling penting, jangan sampai melabrak trademark punya orang lain, Bro.

Pilih .com
Kenapa harus .com? Karena ini adalah domain paling populer di dunia internet. Dengan domain yang diakhiri .com, setidaknya loe selangkah lebih maju dalam mempromosikan produk. Kalau nama domain loe di .com sudah dimiliki oleh orang lain, coba loe cari domain dalam negeri, seperti “co.id”.

Discoverable vs. Brandable
Jadi, apa strategi loe? Bergantung banget pada uluran tangan search engine? Kalau iya, loe harus gunakan kata-kata dan frase yang pas untuk domain supaya makin sering ditampilkan oleh mesin pencarian. Dan kalau loe berfokus pada iklan banner dan buzz building, cobalah nama domain yang lebih brandable dan unik supaya menancap di setiap pikiran orang orang.

Kreatif
Dengan puluhan, bahkan ratusan juta domain, loe seperti dipaksa untuk lebih kreatif dalam menciptakan sebuah nama website. Sebagai saran, coba paduan dua kata, seperti YouTube, atau menggunakan frase, seperti Six Apart, atau menyatukan dua kata menjadi satu, seperti Microsoft, atau benar-benar bikin merk yang unik, nggak ada lainnya di dunia ini.

Sudah siap dengan nama domain yang “short and strike” buat online brand loe?