Skill Yang Bisa Loe Kembangkan Secara Otodidak

LAZONE.ID - Ada beberapa keahlian yang bisa loe lakuin meskipun tanpa belajar lewat guru atau pembimbing.

Guru atau pembimbing adalah orang yang berperan besar dalam perkembangan skill. Tapi nggak semua ilmu bisa loe dapatkan dari mereka. Kadang kala, mengembangkan skill itu juga bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan dari orang lain, Bro. Yang dibutuhkan adalah media pembelajaran yang bisa bikin loe semakin berkembang dan maju.

Nah, skill apa saja yang bisa loe kembangkan secara otodidak, tanpa tuntunan orang lain?

Instruktur Komputer

Belajar ilmu komputer nggak harus dengan mengikuti kursus, Bro. Ada banyak media pembelajaran yang bisa loe manfaatkan untuk menjadi sang master komputer. Loe bisa memulai dengan memperhatikan sekitar, yaitu dengan melihat dan mempelajari cara seorang teman yang lebih mahir komputer. Jangan sungkan untuk bertanya kepadanya. Ilmu kan nggak hanya datang dari guru atau pembimbing, bahkan seorang teman pun bisa memberikan tambahan ilmu yang cukup berarti.

Selain itu, baca-baca pula buku yang bakal nambah pengetahuan komputer loe, plus bimbingan-bimbingan yang bisa didapatkan secara online. Gratis, Bro. Nggak pakai biaya.

Desainer Grafis

Desain grafis adalah bisa dibilang perpaduan antara komputer dan seni. Selain harus mahir komputer, loe juga diwajibkan punya kreativitas yang luar biasa. Ide-ide baru yang loe tuangkan itulah yang menjadikan sebuah karya menjadi mahal.

Belajar desain gafis secara otodidak bisa loe temukan via online. Coba saja loe cek di YouTube, di sana banyak “guru-guru” desain grafis yang dengan suka rela berbagi ilmu. Mulai dari yang sederhana hingga yang bakal bikin gambaran loe semakin nyentrik. Selain itu, mampir juga ke toko buku di waktu senggang untuk mencari buku-buku tentang desain grafis. Jangan lupakan pula teman yang sudah master di bidang ini. Tanyakan kepada mereka berbagai tips atau trik untuk bisa menguasai desain grafis.

Fotografi

Banyak yang bilang kalau belajar fotografi adalah dengan terus-terusan memotret. Nanti lama-lama hasilnya akan semakin bagus. Betul sih, tapi perlu loe ingat pula bahwa ada banyak ilmu yang tidak datang begitu saja hanya dengan memotret berulang kali. Temukan bimbingan-bimbingan ber-fotografi serta tips yang asyik di YouTube. Ikuti kumpulan fotografi yang ada di kota, sekolah, atau kampus loe. Belajarlah dan berkembang bersama-sama mereka. Kalau punya ilmu baru, bagikan kepada mereka. Jangan disimpan sendiri ya, Bro.

Menguasai skill nggak harus mengeluarkan duit banyak, Bro. Perlu disadari bahwa ada banyak ilmu yang bertebaran di sekitar loe dan bisa didapatkan secara cuma-cuma. Jangan lupa, lapisi proses belajar otodidak loe dengan niat dan ambisi yang tinggi agar perkembangannya nggak setengah-setengah. Berikan 100% dari tenaga dan pikiran untuk belajar dan loe akan mendapatkan 100% pula.