Tahun Baru, Atur Lagi Finance Goal-mu

LAZONE.ID - Awal tahun persiapkan dirimu dengan perencanaan keungan yang teliti biar bakal memberikan manfaat besar untukmu. Intip tipsnya berikut.

Hal baru yang saat ini lagi banyak dilakukan orang adalah menyiapkan resolusi. Kamu udah bikin belum? Bikin resolusi mulai dari finance, yuk! Soalnya bagian yang satu ini terbilang cukup krusial untuk kelangsungan hidupmu nanti. Check this out!

Jangan tergiur harga murah

Harga murah belum tentu memiliki kualitas yang bagus. Sebaiknya kamu lihat dulu, murahnya barang yang kamu beli sesuai dengan kualitasnya apa nggak. Jangan sampai kamu harus mengeluarkan banyak biaya perbaikan karena ternyata barangnya rusak atau semacamnya.

Save 30% untuk keadaan darurat

Berusahalah buat menyisihkan sedikit tabungan untuk hal-hal yang urgent atau darurat. Nggak perlu banyak, cukup 30% dari pendapatan bulananmu. Kamu jadi nggak kelabakan nyari pinjaman sana-sini kalau terjadi sesuatu yang nggak kamu inginkan.

Beli yang urgent aja

Hal yang biasanya sulit dibedakan waktu belanja adalah hal yang dibutuhkan versus hal yang diinginkan. Pisahin dulu dalam dua kategori. Kalau perlu, kamu bisa tuliskan dalam list barang-barang yang kamu butuhkan. Hal ini bisa bantu kamu untuk saving money dengan lebih efisien.

Pisahkan budget harian

Sebaiknya pisahkan biaya harian dengan biaya bulanan. Pisahkan juga dengan tabungan yang memang kamu persiapkan jika ada kebutuhan darurat. Biasanya kamu nggak akan sadar telah menggunakan biaya harian secara berlebihan jika semua uangmu kamu jadikan satu.

Gimana? Udah dapat pencerahan soal keuangan kan? Memiliki sistem keuangan yang lebih terencana, kamu bisa menyisihkan untuk bersenang-senang di akhir bulan. Semoga menginspirasi!