Tips Memulai Bisnis Dengan Teman

LAZONE.ID - Banyak keutungan yang kamu dapatkan ketika memutuskan untuk menjalin relasi bisnis dengan teman.

Banyak keutungan yang kamu dapatkan ketika memutuskan untuk menjalin relasi bisnis dengan teman. Misalnya, kamu akan lebih mengetahui kelebihan dan kekurangan teman bisnis kamu tersebut. Serta yang juga penting adalah kamu bakal lebih mengetahui karakteristik serta etos kerja relasi bisnis kamu. Hal tersebut ngga akan kamu dapatkan ketika menjalin bisnis dengan orang yang belum kamu kenal dekat.

Nah, untuk kamu yang sedang membuat rencana kerja sama dengan teman, boleh banget perhatikan tips berikut.

Bicarakan rincian

Karena bisnis dan pertemanan adalah ranah yang beda banget. Maka kamu harus membicarakannya secara profesional seperti menjalankan bisnis pada umumnya. Bagi tugas yang harus dilakukan, berikan deskripsi secara detail bagian apa aja yang masuk dalam tanggung jawab kamu dan teman kamu tersebut.

Porsi kepemilikan

Bisnis adalah bisnis, maka bicarakan juga tentang porsi kepemilikan yang kamu buat bersama. Dengan membagi porsi kepemilikan dengan jelas, maka nantinya akan lebih mudah dalam membagi profitnya.

Kesepatakan tertulis

Apapun bisnisnya, membuat kesepakatan secara tertulis adalah hal yang penting. Kesepakatan akan mengatur segala sesuatunya jika terjadi hal-hal di luar perkiraan. Misalnya rekan bisnis kamu memutuskan untuk keluar maka kesepakatan secara teratur akan menjadi jawaban atas kejadian tersebut. Karena ini udah menjadi bisnis bersama, maka kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan sempurna.

Apapun bisnisnya, menjalin rekan bisnis dengan teman sendiri memberikan banyak keuntungan. Selain kamu lebih mengenal karakter mereka, menjalani bisnis bersama bisa lebih fun bukan?