Trik Anti Miskom Saat Bertemu Klien

LAZONE.ID - Klien adalah yang membuat bisnis menjadi lancar, oleh karenanya jangan sampai pernah ada miskom yang bakal bikin rugi besar.

Seperti kata-kata populer yang mungkin sering banget kamu dengar, pelanggan adalah raja. Jika dipandang dari aspek melayani dan memberikan yang terbaik, jawabnya adalah YA! Sebisa mungkin pelaku bisnis harus bisa membuat klien mereka senyaman mungkin dalam menjalani proses kerja sama yang udah dibangun. Client is the most important part of business!

Bukan nggak mengindahkan aspek lain, tapi paling penting dari menjaga hubungan dengan klien adalah gimana cara berkomunikasi. Mereka adalah yang membuat bisnis menjadi lancar, oleh karenanya jangan sampai pernah ada miskom yang bakal bikin rugi besar. Caranya? Simak trik penting berikut!

Nggak jelas? Bertanyalah!

Jangan pernah ragu menanyakan hal yang belum kamu pahami dari mereka. Tapi jangan bikin klien jengkel dengan menanyakan hal yang sama berulang-ulang. Ketika kamu tahu apa yang mereka inginkan maka semuanya bakal berjalan lancar. Kamu juga bisa langsung memberikan tanggapan jika request mereka di luar kesepakatan.

Bikin jadwal

Pertemuan sebisa mungkin rutin dilakukan. Hal ini untuk mencegah ketidaksamaan visi yang bakal sangat mungkin terjadi ketika kamu mulai jarang bertemu dengan mereka. Urusan jadwal yang pas tinggal sesuaikan aja sesuai dengan kebutuhan. Maintain komunikasi penting tuh biar nggak miskom!

Gunakan aplikasi penunjang

Klien adalah raja, jadi kamu yang harus mempersiapkan diri untuk melayani mereka dengan baik. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan manage diri sendiri lewat berbagai aplikasi penunjang yang saat ini udah banyak banget di store. Makin keren dirimu, maka klien bakal makin senang berbisnis denganmu. Percaya deh!

Nggak ada kata terlambat untuk memulai hal-hal penting seperti menjaga komunikasi dengan mereka para klien. Semoga bermanfaat. Good luck, Guys!