Trik Berkarir di Industri Musik

LAZONE.ID - Banyak hal yang harus dipersiapkan jika ingin berkecimpung di dunia industri musik. Simak tipsnya berikut.

Industri musik ternyata nggak hanya diisi oleh para musisi aja lho. Tapi, ada banyak orang di belakang layar yang mendukung para entertainer tersebut. Walau pun nggak terlihat, tapi pekerjaan di balik layar nggak semudah yang dikira banyak orang. Bahkan sukses atau nggak-nya para musisi, sangat bergantung pada orang-orang ini.

Nah, jika kamu berminat untuk berkecimpung dalam dunia industri musik, simak deh tips berikut.

Kesampingkan selera musik

Ketika kamu bergabung atau membuat industri musik sendiri, hal yang paling harus dihindari adalah menyesuaikan dengan selera musik pada satu orang tertentu. Sebuah industri musik harus terbuka menerima jenis musik apa pun, dan kemudian menilainya berdasarkan kualitas apakah bakal laku atau nggak di pasaran.

Siap untuk berpergian

Dari bertemu dengan manajer, live show, konferensi musik dan lain-lain yang nggak mungkin hanya dilakukan di satu kota saja, bahkan mungkin bisa sampai ke luar negeri. Maka dari itu, kamu harus siap 24 jam untuk berpergian ke sana ke mari.

Teliti membaca

Siapkan dirimu untuk membaca perjanjian kontrak yang berlembar lembar dan menggaris bawahinya. Ketelitian sangat dibutuhkan karena setiap kontrak berisi petunjuk yang penting perihal kesepakatan. Bersiaplah untuk memastikan bahwa kesepakatan adalah 100% benar.

Siap sedia 24 Jam

Jangan kaget kalau nanti kamu harus menerima telepon pada jam tidur atau harus siap sedia membalas email setiap saat. Sebagai seseorang yang bekerja di industri musik, nggak ada hari libur yang benar-benar libur.

Nggak mudah ya, tapi ketika musisi yang bekerja sama denganmu sukses besar, maka kamu juga bakal bangga.