Trik Bikin Cafe dengan Bujet Pas-Pasan

LAZONE.ID - Punya bisnis sendiri memang menyenangkan. Apalagi kalau bisnis itu cocok buat yang seumuran sama loe.

Punya bisnis sendiri memang menyenangkan. Apalagi kalau bisnis itu cocok buat yang seumuran sama loe. Salah satunya adalah dengan membuka café. Tapi dengan bikin usaha café tentunya juga bakal memerlukan modal untuk memulainya, Bro.

Saat ini usaha café memang lagi menjamur di berbagai daerah karena orang-orang sekarang doyan kongkow bareng teman-teman untuk menghabiskan sisa hari mereka. Nah, kenapa loe nggak bikin ini sebagai peluang usaha saja, Bro?

Kenapa harus café? Sesuai dengan temanya sebagai tempat nongkrong, café nggak perlu modal yang terlalu besar untuk memulainya karena menu-menu yang disajikan adalah menu yang ringan. Ingat, Bro.Cafe beda sama restoran yang butuh modal besar untuk menyiapkan bahan-bahan makanan hingga menyewa pelayan.

Bagaimana cara memulai usaha café?

Memanfaatkan Space Yang Tersedia

Bikin café nggak harus di dalam sebuah bangunan. Loe juga bisa memanfaatkan sepetak lahan kosong di pinggir jalan, asalkan strategis dan punya potensi bisnis yang oke. Tapi bila nggak menemukan lahan dengan biaya sewa yang bersahabat, coba cari di daerah pinggiran. Barengi dengan promosi yang gencar via media sosial karena gratis, tanpa dipungut biaya. Yang pasti, lakukan berbagai cara supaya teman-teman atau orang-orang tahu kalau ada café asyik buat nongkrong.

Fokus Menu

Café mentereng nggak harus memiliki koleksi menu bejibun. Sebaliknya, café yang keren itu punya menu-menu spesifik dengan rasa menarik, yang bikin orang-orang penasaran untuk mencobanya. Misal Bro, bikin menu dengan nama Kopi Tubruk Dian Sastrowardoyo, yang rasanya bikin loe ingat sama bintang film AADC itu.

Setelah punya menu menarik tersebut, sediakan beberapa menu pendamping yang nggak terlalu berat. Kentang goreng, roti, atau mungkin minuman lain yang juga menarik.

Sarana Yang Tepat

Café yang punya kursi mewah belum tentu nyaman buat pengunjung. Bahkan sofa yang terlalu empuk pun bisa bikin loe sakit pinggang. Nah, ini yang harus loe cermati dengan benar. Pilih furnitur-furnitur yang murah dan enak untuk dipakai nongkrong hingga berjam-jam. Dijamin, langganan bakal bertambah dalam hitungan hari. Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan café loe, baik yang ada di depan, maupun di belakang. Maksudnya, dapur hingga kamar kecil, Bro.

Loe Pemimpin, Bukan Majikan

Sebagai pemilik café bukan berarti loe bisa bersantai sambil menunggu duit datang dari para customer. Ingat, loe pemimpin, bukan majikan. Seorang majikan mungkin nggak bisa diganggu gugat, tapi seorang juragan harus memastikan bahwa café loe tetap berjalan sesuai dengan kemauan. Untuk langkah awal mungkin bisa menyewa beberapa tenaga saja dengan loe tetap terlibat dalam berbagai proses.

Jaga Kualitas Menu

Jangan sampai nanti pelanggan mengatakan, “Sekarang enak, diulangi lagi kok eneg.” Loe harus konsisten menjaga reputasi café. Pastikan bahwa setiap menu, baik yang andalan atau yang sampingan memiliki rasa yang terus bertahan, nggak terganti. Jangan sampai gara-gara langganan mulai rame, loe menurunkan kualitas demi mendapatkan untung lebih banyak.

Itulah beberapa cara untuk membuka sebuah café dengan modal pas-pasan. Pastikan bahwa loe selalu menjaga kualitas menu serta promosi gencar, disertai dengan foto-foto yang bikin ngiler para konsumen. Selamat berwirausaha, Bro.