Trik Public Speaking Sukses di Depan Penonton

LAZONE.ID - Public speaking adalah hal penting yang bakal membantu kelancaran bisnismu. Oleh karenanya, sebisa mungkin kamu harus menguasainya.

Jika para pebisnis diibaratkan seperti Samurai, maka Katana-nya adalah presentasi. Makin bagus menggunakannya, makin bagus hasilnya. Sayangnya, presentasi nggak semudah seperti mengayunkan pedang. Kamu harus berlatih dalam waktu yang lama untuk menguasai apa yang disebut public speaking. Without that you presentation is nothing! Mau keren kayak gimana slide yang kamu buat, tapi ketika kamu nggak bisa menyampaikannya dengan mantap. Maka nggak ada artinya.

Kemampuan berbicara di depan audience adalah kunci yang bakal membuka semua kesempatan. That’s why you need to master it! Bingung caranya? Simak tips berikut.

Mulai dengan penjelasan

Banyak para presenter biasanya membuat slide lengkap dengan teks dan gambar. Well, it’s a bad idea! Hal ini bakal membuat presentasi menjadi mudah ditebak. Lalu selanjutnya? Audience bakal malas. Agar tetap membuat penonton fokus, maka sampaikan materi lebih dulu lalu bantu dengan slide dan gambar.

Sebagai jembatan audiens

Posisi presenter dalam presentasi adalah sebagai jembatan agar para audience lebih mengerti tentang apa yang kamu jelaskan. Sebelum itu, berimajinasilah seolah kamu adalah salah satu penonton. Tangkap pengertian dan pemahaman mereka lalu kemudian bawa perlahan ke materi yang ingin kamu sampaikan. Cara ini bakal membuat penonton lebih paham dan bahkan tertarik.

Komunikasi dengan penonton

Jangan sampai presentasimu jadi hambar dan bikin ngantuk. Cara mencegahnya bisa dengan bertanya hal-hal unik kepada mereka tentang apapun yang tetap berhubungan dengan materi yang kamu sampaikan. Membuat percakapan tetap terjaga bakal bikin mereka nyaman dan bahkan menikmati presentasi yang kamu sampaikan.

Berlatih

Mastering it’s all about training! Terus berlatih bakal membuatmu menguasainya dengan cepat. Ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan ketika latihan. Kurangi melihat catatan, atur intonasi suara, serta body languange.

Awalnya emang nggak mudah, itulah sebabnya kamu harus banyak berlatih agar makin terbiasa. Public speaking nggak susah kok. Semangat!