Wajah Berminyak, Wajib Sering Cuci Muka Buat Cegah Jerawat

LAZONE.ID - Loe ngerasain kalau sehabis riding wajah loe kinclong dan tebel Bro? Itu cirinya wajah loe berminyak lalu ditimpa sama debu.

Loe ngerasain kalau sehabis riding wajah loe kinclong dan tebel Bro? Itu cirinya wajah loe berminyak lalu ditimpa sama debu. Nempel deh. Kalau gak loe bersihin, siap-siap jerawat bertaburan di muka loe.

"Cowok jarang yang peduli sama kulit muka. Mereka gak ngerasain kulit mukanya berminya atau kering. Gak peduli. Ujung-ujungnya, kulit muka hitam, tebal dan jerawatan," buka dr Hannah KM. Damar, spesialis kulit RS. Siloam Karawaci, Tangerang.

Padahal, kulit mesti dijaga kebersihannya. Apalagi kulit muka, yang sangat mempengaruhi percaya diri kita. Kalau kulit muka kotor, tentu akan mudah tumbuh jerawat Bro. “Biasanya jerawat lebih mudah tumbuh pada kulit berminyak. Karena timbunan lemak yang berlebih bercampur debu dan keringat. Lalu menyumbat pori-pori kulit, dan tumbuhlah jerawat,” lanjut dokter ramah ini.

Ia mewanti, yang penting menjaga kebersihan kulit. Apalagi kulit berminyak. Produksi minyak di kulitnya berlebih. Harus selalu dibersihkan. Jangan Cuma cuci muka dengan air. Nggak akan sempurna bersihnya. Harus memakai sabun. Untuk wajah pakai sabun wajah. Lakukan setiap kali setelah bepergian. "Minimal dua kali sehari, pagi dan malam menjelang tidur," wantinya. Tujuannya mengangkat lemak yang ada di permukaan kulit.

Saat tidur sebaiknya kulit muka diberikan kesempatan untuk istirahat juga. Makanya sebelum tidur harus dibersihkan dari kotoran yang nempel selama beraktifitas seharian. “Ketika kita tidur, kulit juga akan relaks dan maksimal melakukan perbaikan dirinya dengan lebih baik,” pesannya.

Cara membersihkan kulit muka juga jangan asal Bro. Tuangkan sabun muka ke telapak tangan, lalu usap dengan dua tangan sampai timbul busa yang banyak. Barulah diusapkan ke muka, sambil diratakan ke seluruh bagian muka. Diusap pelan, agar lemak yang nempel terlalu keras ikut terangkat. Gampang kan Bro.