Siapa sih yang ingin menjalankan hubungan secara LDR. Secara tuh ya, menjalankan hubungan jarak jauh atau yang lebih lo kenal dengan LDR alias Long Distance Relationship itu gak mudah. Menjalankan suatu hubungan dengan orang yang jelas-jelas ada di sisi kita aja, kadang bisa putus nyambung. Lalu bagaimana jadinya ketika lo harus ngelakuin hubungan LDR dengan si doi!

Sebenernya nih ya gengs, yang namanya menjalankan sebuah hubungan itu, tergantung orang yang ingin menjalankan hubungan itu sendiri. Kalau kedua-duanya memang memegang komitmen dengan baik, mau hubungan dengan orang yang tinggal berdekatan atau melakukan hubungan LDR sekalipun, akan tetap baik dan langgeng kok. Walaupun banyak cerita orang yang ketika melakukan hubungan LDR berakhir tragis, tapi ada juga kok yang menjalankan hubungan LDR, dan berakhir ke pelaminan. Tapi buat lo yang saat ini sedang atau akan menjalankan LDR, berikut tips pacaran LDR, yang bisa lo terapkan. Agar hubungan lo dengan si doi tetap harmonis hingga ke jenjang yang lebih pernikahan.  

1. Selalu Berpikir Positif

Selalu Berpikir Positif

Gengs tips pacaran LDR yang pertama adalah selalu berpikir positif. Banyak nih ya, ketika seseorang mendengar kata LDR, maka yang terbayang itu, hal-hal yang negatifnya saja. Tapi sebenernya nih gengs, ada cukup banyak sisi positif dari LDR itu sendiri.

Misalnya saja lo bisa lebih fokus sama yang lo lakuin, di tempat lo sekarang. Misalnya saja lo kuliah di tempat yang beda sama doi. Jadi, ya lo bisa lebih fokus pada kuliah itu sendiri. bukan pada hal lain yang gak ada manfaatnya, atau bahkan gak ada hubungannya sama tujuan lo sendiri. Apalagi sampai lirak lirik cewek atau cowok lain yang ada di sekitar lo sendiri, pastinya itu bahaya banget!     

2. Komunikasi Terbuka dan Lancar


Komunikasi Terbuka dan Lancar

Tips berikutnya agar lo langgeng ketika melakukan hubungan LDR adalah rajin komunikasi. Apalagi saat ini, alat komunikasi sudah sangat canggih. Lo bisa menghubungi si doi dengan berbagai macam cara, mulai dari telponan, Voice Call / VC, atau bahkan menggunakan sosial media yang sama dengan si doi.

Ketika telponan seperti ini, lo bisa bercerita banyak hal. Seperti halnya ketika pasangan  umumnya bertemu, mulai dari saling cerita akan aktivitas hari itu, kejadian unik pada hari itu, menanyakan kabar, dan yang lainnya.    

3. Kompromi


Kompromi

Gengs tips pacaran LDR berikutnya adalah kompromi. Untuk memperoleh hubungan yang sehat, lo dan sang doi harus melakukan kompromi akan berbagai macam hal yang pastinya ada hubungannya dengan hubungan lo berdua.  

Salah satu yang terbilang simpel, namun cukup penting dalam sebuah hubungan adalah komunikasi. Melakukan komunikasi sesering mungkin sama si doi, memang tidak masalah, asal jangan mengganggu aktivitas salah satu pasangan juga dong. Sebaiknya diskusikan, kapan waktu yang tepat untuk saling berkomunikasi satu sama lain.  

4. Saling Pengertian


Saling Pengertian

Sebenernya ya gengs, saling pengertian adalah salah satu tips ampuh agar langgeng dalam menjalankan sebuah hubungan. Apalagi lo kan lagi menjalani LDR, pastinya saling pengertian itu sendiri, kapasitasnya harus lebih dari orang pacaran umum, yang setiap hari bertemu.

Lo kan gak tahu persis jadwal si doi, kesibukan si doi, masalah si doi dan yang lainya. Jadi misalnya saja si doi terlambat memberi kabar, atau hal lainnya, jangan langsung diambil hati. Karena pastinya, ada alasan pasti kenapa sang kekasih hati, belum memberi kabar.  Tidak adanya saling pengertian atau kurangnya pengertian antara pasangan, pastinya akan membawa pertengkaran, yang membuat sebuah hubungan jadi rumit. Gak mau kan gengs, hal seperti ini terjadi sama hubungan lo sendiri.

5. Hindari Perdebatan Yang Tidak Penting

Hindari Perdebatan Yang Tidak Penting

Yang pasti dalam LDR-an, hindari yang namanya perdebatan yang gak penting. Disini yang namanya pengertian dan saling mendengarkan harus diutamakan. Salah satu tips dalam berkomunikasi adalah, salah satu pasangan harus mau mencurahkan apa yang ada di dalam hati dan pikirannya, sedang yang lainnya mendengarkan, demikian pula sebaliknya. Jadi satu sama lain tahu apa yang terjadi akan pasangan tersebut.

Kalau sampai ada perbedaan pendapat, ya itu hal yang wajar. Karena perbedaan sendiri kan jadi bumbu manis dalam menjalankan sebuah hubungan. Tapi yang gak manis adalah ketika salah satu pasangan tidak terima akan beda pendapat tersebut, dan melepaskannya dengan amarah, maka ini jadi bencana pada sebuah hubungan. Mungkin ada baiknya jika sebisa mungkin menghindari perbincangan yang dapat menimbulkan konflik satu sama lain.   
 

6. Menjalankan Hidup Masing-Masing

Menjalankan Hidup Masing-Masing

Dalam menjalankan hubungan LDR-an, sebaiknya lo jangan terlalu fokus akan kegiatan pasangan. Mengetahui boleh, tapi gak harus jadi stalker. Karena pada dasarnya lo juga punya kehidupan sendiri, demikian juga dengan pasangan lo sendiri. Sebaiknya lo fokus sama kehidupan sendiri, seperti berkumpul bersama keluarga, hangout bersama teman, atau bahan gak ada salahnya buat mengembangkan kreativitas yang lo punya. Daripada terus menerus menikmati waktu LRD dengan menahan rindu, yang bisa membuat hati terasa semakin berat! 

7. Sempatkan Waktu Untuk Bertemu Langsung


Sempatkan Waktu Untuk Bertemu Langsung

Gengs tips pacaran LDR, berikutnya adalah sempatkan waktu untuk bertemu satu sama lain, entah di kota atau tempat tinggal lo atau juga si doi. Tapi kalau memang tidak memungkinkan, ada baiknya jika memilih salah satu tempat yang strategis, yang dapat lo dan pasangan kunjungi dalam waktu yang bersamaan.  

Ketika bertemu satu sama lain inilah, sebaiknya hargai setiap waktu yang dilalui bersama, dan ciptakan berbagai kenangan manis pada saat sedang berdua tersebut. Walau ada kalanya ketika sedang bersama ada saja gangguan yang datang, entah itu dari orang tua yang juga kangen, saudara atau juga teman lainnya.   

8. Jangan Mudah Baper


Jangan Mudah Baper

Kalau menjalankan hubungan LDR-an, jangan mudah baper.  Ada baiknya jika lo tanyakan langsung pada si doi atau pasangan. Jangan langsung curiga gak jelas, karena hal ini akan berimbas pada hubungan itu sendiri. Cobalah untuk selalu percaya antar pasangan, karena ini akan jadi kunci sukses dalam menjalankan hubungan LDR.   

9. Kirim Hadiah Atau Pesan Romantis


Kirim Hadiah Atau Pesan Romantis

Walaupun LDR-an, bukan berarti lo dan pasangan gak bisa romantisan. Ada cukup banyak cara antara lo dan pasangan untuk saling memberikan hal-hal romantis. Misalnya saja makan malam romantis dari masing-masing tepat sambil Video Call-an, saling mengirimkan kata-kata romantis, atau bahkan memberikan bingkisan atau hadiah untuk sang kekasih. Ini akan jadi salah satu tips pacaran LDR yang harus lo coba.

10. Komitmen Bersama

Komitmen Bersama

Komitmen antara lo dan sang kekasih akan jadi kunci sukses dalam menjalankan hubungan LDR-an. Apalagi alasan menjalankan sebuah hubungan LDR sendiri adalah untuk sekolah, kuliah, atau juga bekerja. Ketika lo dan pasangan sudah mempunyai komitmen hubungan, entah itu statusnya hanya berpacaran, tunangan atau hendak melangkah ke jenjang pernikahan, ketika pasangan kembali dari tempatnya pergi saat ini, sebaiknya jaga komitmen tersebut. 

Lo dan pasangan harus memegang teguh komitmen tersebut, agar selamat dari berbagai macam godaan akan hubungan itu sendiri. Salah satunya adalah bersabar dalam menjalankan semua masalah dan masa-masa sulit tersebut bersama.

11. Berikan Senyuman Tulus

Berikan Senyuman Tulus

Tahu gak sih lo, ketika lo memberikan senyuman yang tulus, pada pasangan. Akan muncul perasaan tenang, perasaan damai yang bercampur dengan rasa kangen dari pihak pasangan. Yang mungkin gak lo sadari adalah, ini adalah salah satu seni dari hubungan LDR itu sendiri.
 

12. Ungkap Kekesalan, Sah-Sah Saja

Ungkap Kekesalan, Sah-Sah Saja

Kesal terhadap pasangan sebenarnya sah-sah saja. Tapi jangan pendam sendiri rasa kesal tersebut. Baiknya lo ungkapin rasa kesel lo, dengan cara yang lebih bijak, pada pasangan. Jangan selalu emosi yang dikedepankan. Ketika lo mengutarakan secara bijak apa yang lo rasakan dan apa yang pasangan rasakan, pastinya membuat semua masalah akan terselesaikan secara baik. Lain halnya ketika emosi yang selalu maju di depan, pastinya hubungan lo dan pasangan LDR lo, akan mulai merenggang, dan kalau sudah begitu ya gengs, pastinya hasilnya jadi kurang baik.
 

13. Simpan Semua Kenangan Dari Si Dia

Simpan Semua Kenangan Dari Si Dia

Gengs, kalau kangen sama pasangan, terus bisa ketemu, pastinya rasa kangen akan langsung terobati kan. Tapi kalau kangen sama pasangan, yang statusnya LDR, pastinya susah dan berat. Ada kalanya komunikasi via telpon aja gak cukup.

Salah satu tips pacaran LDR yang mungkin dapat lo coba adalah, menyimpan semua kenangan lo dari si dia. Misalnya saja menyimpan aneka boneka yang dikasih oleh si doi, menyimpan sweater yang diberikan oleh doi, atau yang lainnya. Kenangan yang tersimpan dalam barang tersebut akan memberikan rasa tenang tersendiri bagi lo atau pasangan. Apalagi ada sisa parfum atau aroma pasangan yang menempel pada barang tersebut. Secara tidak langsung membuat lo atau si dia seakan-akan ada di samping lo atau si dia.
 

14. Menulis Buku Harian

Menulis Buku Harian

Ada cukup banyak cara yang dapat lo lakukan, untuk ungkapkan rasa kangen akan pasangan yang ada nun jauh di sana, mulai dari Video Call / VC, memeluk barang yang pasangan berikan, hingga jalan-jalan bersama teman. Tapi pernahkah lo berpikir untuk menulis sebuah buku harian.

Sebenarnya membuat buku harian ini sendiri gak hanya untuk cewek saja, tapi cowok juga bisa. Hasilnya buku itu sendiri, dapat lo kirimkan pada sang pasangan sebagai bentuk kangen. Atau bisa saja lo kasih, ketika lo sudah bersatu sama pasangan lo tersebut. Pastinya akan ada kesan tersendiri, etika membaca buku harian yang ditulis oleh salah satu pasangan. Apalagi ketika lo berhasil menikah dengan pasangan LDR lo, dan kelak ketika sudah beberapa tahun kemudian, lo dan pasangan membaca buku terebut, pastinya akan ada banyak kenangan manis dan cerita menarik, untuk kembali diungkapkan.
 

15. Saling Menguatkan Dari Sisi Spiritual

Saling Menguatkan Dari Sisi Spiritual

Salah satu tips pacaran LDR yang pastinya harus lo lakuin adalah saling menguatkan spiritual pasangan masing-masing. Selalu ingat akan Tuhan yang selalu ada di sisi lo dan pasangan. Sisipkan doa agar lo dan pasangan selalu sehat, tetap dapat saling menjaga hati, hingga saatnya bertemu dan bersatu lagi.

Jadi walaupun saat ini lo harus menjalankan LDR, bukan berarti hubungan lo akan berakhir begitu saja. Jika lo dan pasangan lo bisa melakukan tips pacaran LDR diatas, dijamin hubungan lo dan pasangan akan langgeng, bahkan hingga ke jenjang pernikahan.