Setiap tahunnya, ada ratusan juta pasang sneakers yang diproduksi dan dengan jumlah yang gak jauh beda juga banyak sneakers yang akhirnya dibuang dan menumpuk sebagai sampah. Sayangnya sepasang sneakers butuh waktu sangat lama untuk bisa terurai dan sneakers adalah salah satu fashion item yang paling cepat ditinggalkan dan dibuang oleh pemakainya.

Tapi di balik tren tersebut, udah mulai banyak brand yang menerapkan prinsip sustainable ketika membuat sneakers. Biasanya brand-brand ini membuat sneakers yang menggunakan bahan daur ulang entah itu sneakers bekas lainnya yang diolah sampai ke botol plastik yang mengambang di lautan.

Nih Bro, 4 sneakers sustainable yang keren abis!

Reebok NPC UK Cotton + Corn

Reebok NPC UK Cotton + Corn ini awalnya gak 100 persen sustainable karena di beberapa bagian masih menggunakan kulit baik sintetis maupun kulit hewan sungguhan. Namun setelah memutuskan untuk membuatnya jadi 100 persen vegan, sneakers satu ini dibuat dari bahan yang unik. Bagian sole yang biasanya terbuat dari plastik olahan atau karet, kini terbuat dari olahan limbah jagung. Packaging nya juga gak kalah sustainable karena 100 persen bisa didaur ulang.

Nothing New

Sneakers satu ini punya nama yang unik dan seakan menggambarkan keadaannya saat dibuat. Yap, emang seperti yang lainnya, brand Nothing New membuat sneakers yang dibuat dari benda-benda tak terpakai yang bisa mencemari laut. Sebut aja beberapa bagian yang terbuat dari jaring nelayan bekas, dan bagian atasnya yang dibuat dari plastik biasa seperti botol yang terbuang.

Allbirds

Kurang apalagi, Allbirds adalah sneakers dengan desain yang keren, nyaman digunakan, dan tentu aja ramah lingkungan. Banyak banget bahan-bahan terbuang seperti plastik yang jadi material dasar sneakers satu ini. Bagian insole mereka bahkan terbuat dari limbah olahan gula yang mereka beri nama SweetFoam. Gak cuma itu, dus sepatu Allbirds juga terbuat dari dus lain yang didaur ulang. Jadi bisa dibilang hampir 100 persen recycle-able.

Greats Royale Knit

Royale Knit punya desain yang sebenarnya simple dan elegan. Royale Knit sendiri adalah versi ramah lingkungan dari produk mereka yang bernama The Great Royale. Kerennya, satu pasang sneaker Royale Knit ini dibuat dengan benang dari material botol plastik. Greats berhasil mengubah 7 buah botol plastik untuk membuat sepasang Royale Knit.

Bisa jadi alternatif nih Bro buat tetep gaya dan bisa ikut menjaga lingkungan.