Cara Bikin Sneakers Lo Selalu Kinclong!

LAZONE.ID - Biar tetap kece nih Bro

Berapa dari lo yang punya sneakers kesayangan di rumah, atau mungkin baru menjajal dunia sneakers dan baru beli sepasang sepatu dari salah satu brand? Pasti lo pengen banget sneakers lo selalu terlihat kinclong ketika digunakan.

Soalnya sekarang sneakers udah jadi salah satu bagian paling penting buat gaya keseharian lo. Sneakers yang terlihat bersih bakal melengkapi outfit lo yang udah kece Bro. Beberapa jenis sneakers bahkan bisa digunakan dalam berbagai kondisi sehingga lebih sering lo gunakan daripada sepatu yang lainnya, ini bikin sneakers tersebut jadi lebih cepat kotor.

Emang ada sih beberapa sneakers yang kesannya lebih keren kalau terlihat lusuh, tapi membiarkan sneakers lo terlalu lama dalam keadaan lusuh juga gak baik. Soalnya semakin lama noda tersebut dibiarkan menempel, semakin sulit juga untuk dihilangkan. Makanya nih, jaga keadaan sneakers lo supaya tetap kinclong dengan beberapa tips dari gue ini.

Usap menggunakan tisu basah

Nah ini adalah cara paling mudah untuk menjaga sneakers lo supaya tetap bersih. Tapi biasanya cara ini cuma ampuh untuk beberapa jenis sneakers aja seperti sneakers yang terbuat dari bahan kanvas. Tentunya, penggunaan tisu basah ini biasanya dilakukan untuk menghapus noda-noda ringan sesaat setelah digunakan.

Mengelap menggunakan tisu basah juga biasa digunakan untuk langkah awal sebelum mencucinya. Soalnya, mencuci dengan keadaan lumpur kering yang masih menempel bisa aja merusak serat-serat material yang ada pada sepatu.

Untuk bagian luar gunakan air dan sabun serta sikat untuk menggosok

Nah kalau menggunakan tisu basah aja gak cukup, saatnya menggunakan disikat menggunakan air dan sabun. Penggunaan sikat efektif buat hampir semua jenis sneakers kecuali bahan suede dan beludru. Kedua bahan tersebut bakal rontok kalau terkena gesekan-gesekan kasar yang ditimbulkan ketika menggunakan sikat.

Jadi, hindari penggunaan sikat kalau sneakers milik lo terbuat dari material suede atau beludru. Kalau lo merasa noda yang dibersihkan dari sneakers lo tetap harus disikat, cari lah sikat yang lebih lembut seperti sikat gigi bekas. Harus ekstra hati-hati Bro, salah-salah sneakers lo bukannya kinclong malah jadi rusak.

Hindari penggunaan mesin cuci

Sebenarnya sneakers lo bisa-bisa aja dicuci menggunakan mesin cuci supaya praktis, tapi banyak resiko yang bakal lo hadapi. Karena keadaan yang terus diputar tanpa henti dan bergulung dengan benda lainnya, material yang ada di sneakers lo bisa cepat rusak. 

Kalau ingin menggunakan mesin cuci, lepaslah dulu semua talinya dan masukkan ke dalam kantong berbentuk jaring seperti gambar di atas. Ini bakal mencegah sneakers tergulung tanpa arah di dalam saat mesin cuci berputar. Sama seperti teknik menyikat, sneakers dengan bahan suede dan beludru gak cocok untuk dicuci menggunakan mesin cuci.

Jangan gunakan sabun yang mengandung pemutih

Untuk mempermudah urusan mencuci, udah banyak banget brand sabun yang mencampurkan bahan pemutih ke dalam formula sabun yang mereka keluarkan. Sebaiknya, sabun yang mengandung pemutih ini lo hindari untuk mencuci sneakers, meskipun ada noda yang sulit dihilangkan. Penggunaan pemutih dapat merusak warna yang ada pada sneakers lo, tentunya ini bakal bikin sneakers punya tampilan yang kusam.

Jangan kena matahari langsung

Ada beberapa alasan lo harus menghindari terpaan sinar matahari langsung saat mengeringkan sepatu. Kalau lo punya sneakers yang berbahan canvas, material tersebut akan cepat mengkerut ketika dikeringkan menggunakan sinar matahari langsung. Seperti halnya dengan penggunaan pemutih tadi, terlalu sering kena sinar matahari langsung bakal bikin warna dari sneakers lo cepet pudar. Selain itu, sneakers yang terlalu lama kena sinar matahari berpotensi menimbulkan mau apek yang bikin gak nyaman.

Sneakers dengan material apa nih yang biasa lo gunakan? Ayo jaga dan rawat sneakers lo dengan cara yang tepat supaya bisa tetap keren saat lo gunakan!