Cerita Sepatu Nike Dilarang Beredar Karena Terlalu Canggih

LAZONE.ID - Sepatu ini emang diklaim bisa meningkatkan performa lari penggunanya

Ketika dunia semakin sesak dengan perkembangan teknologi di bidang gadget, dunia sneakers pun gak mau ketinggalan untuk terus mengembangkan teknologi mereka.

Banyak dilakukan oleh brand produsen sepatu-sepatu tersebut untuk memberikan yang terbaik bagi pemakainya. Seperti halnya sneakers untuk lari yang didesain sedemikian rupa supaya si penggunanya bisa merasakan kenyamanan saat berlari. Selain itu, gak sedikit juga yang membuat sepatu mereka untuk meningkatkan performa penggunanya di atas lintasan.

Seperti halnya jajaran flagship milik Nike, Vaporfly dengan Vaporfly Next-nya.

Sebelumnya, gue pernah bikin tulisan tentang 4 sepatu Nike yang bisa bikin lari lo makin kencang. Dalam list tersebut, ada sepatu yang mau gue bahas sekarang, Nike Vaporfly Next.

Nah, sepatu ini punya cerita unik ketika sempat hampir dilarang untuk beredar di kalangan atlet. Alasannya? Jelas karena “terlalu canggih”. Beberapa pengamat olahraga atletik profesional mengatakan bahwa Vaporfly Next ini bisa terlalu menguntungkan atlet karena dapat meningkatkan performa di atas batas tubuhnya sendiri. Ini disebabkan karena beberapa inovasi yang disematkan Nike pada bagian outsole dan insole nya yang lebih elastis dan membuat daya dorong dari kaki penggunanya lebih besar.

Selain itu, sepatu ini diklaim bisa meningkatkan efisiensi penggunaan stamina dari para atlet hingga 4%.

Peraturan tersebut sempat hampir dikeluarkan oleh World Athletic (badan dari olahraga atletik dunia). Namun, akhirnya peraturan tersebut direvisi dan akhirnya yang dilarang pada kompetisi resmi adalah sepatu prototype. Jadi, atlet masih bisa menggunakan Nike Vaporfly Next dalam pertandingan yang mereka jalani.

Kayaknya sepatu ini cocok banget nih buat lo yang seneng jogging atau ikut lari marathon, biar performa lo di atas lintasan makin oke, Bro.