Sampah Sepatu Jadi Sneakers Baru

LAZONE.ID - Daur ulang yang sesungguhnya

Seiring berkembangnya waktu, sneakers yang awalnya cuma berfungsi sebagai alat olahraga berkembang jadi fashion item sehari-hari. Hal ini membuat banyak banget sneaker yang diproduksi setiap tahunnya buat memenuhi permintaan para pengguna.

Banyak yang hobi mengoleksi sneaker di rumahnya, ada juga yang baru bakal membeli ketika yang dimilikinya udah rusak.

Mau bagaimana pun, kedua hal tersebut menimbulkan masalah yang serupa, yaitu sneaker yang menumpuk, hingga akhirnya jadi sampah. Bahkan bisa dibilang, dalam industri fashion sampah sneakers adalah salah satu polutan paling besar di dunia.

Seorang desainer dari Inggris, Helen Kirkum hadir dengan ide brilian untuk hal ini.


Mungkin banyak brand besar yang udah menggunakan sampah plastik sebagai bahan dasar sneaker yang mereka buat. Tapi, mereka membuat sneaker baru dengan tampilan yang bisa dibilang fresh. Beda dengan Helen Kirkum yang punya cara sendiri dalam melakukan daur ulang sampah tersebut.

Berbasis di London, Helen Kirkum hadir dengan sebuah studio yang melakukan recycle sneaker secara eksklusif. Disebut eksklusif karena Helen Kirkum Studio emang bikin sneaker tersebut sesuai pesanan yang masuk pada dirinya. Selain itu, satu model yang dibuat olehnya gak bakal punya replika satupun di dunia ini, alias one of a kind.

Helen Kirkum sendiri bakal mengumpulkan sampah dari sneaker yang dibuang dengan keadaan tercabik sekalipun. Dirinya bakal memotong bagian-bagian yang masih terlihat lebih baik dan menggunakannya untuk proyek recycle yang bakal dilakukan.


Bagian-bagian yang udah dipisahkan tersebut lalu digabungkan dan dibentuk jadi sebuah sneaker yang terlihat unik. Penampilannya memberikan kesan yang unik daripada sneaker ‘recycle’ yang dilakukan brand besar. Hasil pengerjaan hand made pada sneaker buatan Helen Kirkum juga membuatnya jadi punya nilai seni tersendiri.

Penasaran? Lo bisa cek langsung akun instagram @helenkirkumstudio buat liat banyak koleksi mereka. Siapa tau lo juga minat buat pesen, Bro.