Tahun 2019 jadi tahun yang luar biasa buat dunia perfilman. Lo bisa melihat beberapa sekuel keren dari film-film terdahulu dan juga tentunya sang penutup saga yang udah berjalan selama 11 tahun, Avengers: Endgame. 

Kalau sedikit flashback lagi ke tahun itu, beberapa orang mungkin merasa bahwa tahun ini mungkin gak bakal lebih baik dari tahun sebelumnya. Avengers: Endgame memecahkan rekor yang dipegang oleh Avatar sebagai film dengan pendapatan tertinggi di dunia. Bahkan banyak bioskop yang rela buka 24 jam demi menayangkan film tersebut. Nyatanya hal tersebut sukses membawa Endgame jadi yang teratas.

Well, gak semua berjalan mulus juga sih di tahun tersebut. Ada film yang rilis dengan budget tinggi tapi rugi karena gagal merebut hati penonton. Film tersebut adalah Terminator: Dark Fate. Banyak yang kecewa terhadap film tersebut karena ceritanya dianggap cuma sekedar copy paste Terminator 2: Judgement Day dengan karakter baru yang diberi kisah yang sama persis. Padahal, akting dari para pemeran utama film tersebut cukup solid dan Dark Fate harusnya jadi judul yang menyembuhkan luka para penggemar franchise Terminator.

Nah, bagaimana dengan tahun 2020?

Kalau melihat trailer dan jadwal rilisan untuk tahun ini sebenarnya 2020 bisa jadi tahun yang hebat juga untuk dunia film. Soalnya banyak banget film yang ditunggu-tunggu tahun ini. Sayangnya, mungkin seperti yang lo tau bahwa Hollywood mengalami sedikit kendala ketika memasuki bulan ketiga tahun 2020.

Berikut ini gue punya 10 hal menarik yang terjadi di dunia perfilman Hollywood tahun ini, Bro.

Fakta Unik Film Di 2020 Ini, Jadi Tahunnya Sekuel Film Jadul


Awalnya banyak yang meragukan film Bad Boys For Life yang tayang awal tahun ini karena stigma yang melekat pada sebuah film trilogi. Stigma tersebut mengatakan bahwa film ketiga dari sebuah trilogi selalu jadi yang terburuk. Well, seenggaknya Bad Boys For Life bukan sebuah sekuel yang gagal. Will Smith dan Martin Lawrence masih punya chemistry yang sama dengan dua film Bad Boys sebelumnya. Film ini juga berhasil memadukan ketegangan action, kesegaran komedi, dan bumbu drama dengan baik.

Film jadul lain yang bakal dapat sekuel di tahun ini adalah Top Gun, Ghostbusters, dan Bill & Ted.

Tom Cruise bakal balik lagi sebagai Maverick di Top Gun: Maverick. Bedanya kali ini dirinya bakal jadi semacam instruktur untuk para pilot muda yang bergabung dengan pangkalan udaranya. Lebih spesialnya, salah satu karakter yang muncul di film tersebut adalah anak dari sahabatnya di film pertama Top Gun yang tayang pada tahun 1986.

Ada juga sekuel Ghostbusters yang bakal dibintangi Paul Rudd dan mengambil latar cerita beberapa dekade pasca kejadian dua film klasiknya. Keanu Reeves yang kembali naik daun karena John Wick juga bakal balik lagi ke layar lebar dalam sekuel Bill & Ted dengan judul Bill & Ted Face The Music.

Fakta Film Tahun Ini Juga Jadi Tahunnya Remake Film Horor Klasik


Akhir Februari lalu, film horor yang dibintangi Elisabeth Moss, Invisible Man jadi sensasi tersendiri untuk para penggemar horor. Soalnya, buat sebagian orang, film ini mampu menghadirkan rasa mencekam tanpa harus memunculkan banyak jumpscare dan tentunya, tanpa hantu sama sekali.

Invisible Man sendiri menceritakan tentang seorang ilmuwan yang mampu membuat dirinya jadi tidak terlihat dan meneror istrinya sendiri dengan hal tersebut. Hal yang membuatnya mencekam adalah Elisabeth Moss dalam ini udah mengalami kekerasan di dalam rumahnya bahkan dari sebelum sang suami jadi tidak terlihat seperti itu.

Satu horor klasik lain yang dapat remake tahun ini adalah The Grudge. Film tersebut tayang awal tahun lalu. Sayangnya, The Grudge dianggap gak berhasil menimbulkan ketegangan atau ketakutan di mata banyak penontonnya. Bahkan banyak review yang menulis bahwa film ini cuma bikin mual tanpa rasa takut yang berarti, duh!

Fakta Unik Tahun Ini Yang Bersejarah Untuk Perfilman Asia


Bicara film yang sensasional tahun ini, mungkin pembicaraan lo gak bakal bisa lepas dari Parasite karya Bong Joon Ho. Film yang membawa isu sosial tentang kesenjangan yang terjadi antara dua kelas masyarakat yang berbeda. Selain sarat akan isu sosial yang dalam, film ini juga punya nilai estetis yang memikat. Makanya gak heran kalau Parasite jadi film “berbahasa asing” pertama yang mampu memenangkan kategori “Best Picture” dalam ajang Academy Awards.

Menangnya Parasite dalam ajang tersebut membuahkan banyak cibiran dari orang-orang karena banyak yang menganggap film ini gak layak menang dengan alasan mereka kesulitan menikmati filmnya kalau harus membaca subtitle. Bahkan presiden Donald Trump sampai ikut menyindir Academy Award yang dilaksanakan Februari lalu itu.

Fakta Munculnya Beberapa Rekor Dalam Dunia Perfilman


Masih berkaitan dengan Parasite, film ini juga berhasil menggaet beberapa rekor dalam dunia perfilman. Selain jadi film “berbahasa asing” pertama yang berhasil memenangkan kategori Best Picture, Parasite juga berhasil jadi film berbahasa asing dengan penghargaan terbanyak. Bong Joon Ho berhasil meraih 4 piala Oscar sekaligus.

Billie Eilish juga ikut mendapatkan rekor tersendiri tahun ini karena jadi penyanyi termuda yang membawakan soundtrack James Bond. Penyanyi asal Amerika Serikat itu membawakan lagu berjudul No Time To Die diiringi oleh komposer terkenal Hollywood, Hans Zimmer.

Fakta Unik Film Ini Adaptasi Video Game Bukan Lagi Jadi Hal Yang Buruk


Selama ini film adaptasi dari video game melekat dengan stigma yang buruk. Soalnya, gak banyak yang mampu merealisasikan imajinasi para penggemar game tersebut ketika karakter kesayangan mereka dijadikan film. Ambil contoh franchise Resident Evil yang terus menerus membuat sekuel meskipun para penggemarnya selalu protes. Masalahnya, banyak elemen dari game yang “diperlakukan” secara serampangan dalam film tersebut.

Tapi Sonic The Hedgehog berhasil menyingkirkan stigma tersebut karena mampu jadi film adaptasi video game yang dianggap sukses membawakan cerita yang fun dan segar terhadap karakter yang dibawakannya. Bahkan Sonic berhasil melampaui pendapatan dari Detective Pikachu yang sebelumnya juga dianggap sebagai adaptasi video game yang berhasil.

Fakta Unik Pada Film Bertemakan Superhero Tidak Ikut Melesu


Sebelum Black Widow merilis trailernya, Wonder Woman 1984 udah lebih dulu menayangkan trailer mereka. Fans superhero DC merasa WW1984 bakal jadi sebuah harapan baru untuk DCEU yang sempat kocar kacir karena Ben Affleck gak mau melanjutkan perannya sebagai Batman dan Henry Cavill yang gak jelas bakal lanjut sebagai Superman atau tidak.

Selain Wonder Woman 1984, banyak juga film dan serial superhero yang rencananya bakal tayang tahun ini. Belum lama ini Bloodshot tayang di bioskop yang sayangnya sepi pengunjung karena banyak orang takut keluar rumah karena penyebaran virus corona. Black Widow juga tetap tayang tahun ini namun memundurkan jadwalnya yang bikin jadwal serial MCU yang lain ikut mundur. Di samping itu, The Eternals juga kelihatannya gak bakal memundurkan jadwal mereka.

Fakta Kekacauan Jadwal Karena Virus Corona


Yap, seperti yang lo tau bahwa banyak film yang memundurkan jadwal perilisan film mereka karena khawatir dengan penyebaran virus corona. Pengunduran jadwal massal dari banyak film blockbuster ini jadi sesuatu yang baru dan tentu aja bikin banyak fans kecewa. Film terakhir Daniel Craig sebagai James Bond bahkan ditaksir mengalami kerugian lebih dari Rp700 miliar karena pengunduran jadwal tersebut.

Black Widow juga yang awalnya terlihat seperti gak bakal mundurin jadwal, akhirnya ikut langkah banyak studio dengan menunda perilisan film mereka. Karena ini juga jadwal film MCU yang lain ikut terganggu. Bahkan Fast & Furious 9 harus mengundurkan jadwalnya selama hampir 1 tahun.

Fakta Mengejutkan Beberapa Nama Besar Hollywood Ikut Terinfeksi Corona


Selain jadwal yang ditunda, beberapa nama besar Hollywood juga ternyata ikut terinfeksi virus corona ini, Bro. Mungkin lo juga udah tau bahwa Tom Hanks dan Idris Elba adalah dua nama besar yang paling banyak dibicarakan ketika dinyatakan positif terjangkit COVID-19. Sebuah perbedaan di antara keduanya adalah Tom Hanks menunjukkan gejala-gejala yang umum terjadi pada orang-orang yang terjangkit virus tersebut, sedangkan Idris Elba jadi orang yang terinfeksi namun gak menunjukkan tanda apapun bahwa dirinya terinfeksi.

Selain mereka berdua ada juga mantan Bond Girl dalam film Casino Royale, Olga Kurylenko yang dinyatakan positif terkena virus corona.

Fakta Unik Beberapa Film Tentang Pandemik Naik Daun Belakangan Ini


Sebagai sebuah fenomena sosial, sebuah pandemi penyakit adalah salah satu bahan yang mudah diolah untuk dijadikan film Hollywood. Contoh saja The Contagion yang menceritakan bagaimana parahnya sebuah penyakit/virus tersebar dan seberapa besar akibatnya buat orang di sekitar. Selain The Contagion, ada beberapa film tentang pandemi yang kembali naik daun dan dibicarakan banyak orang di tengah mewabahnya virus corona. Beberapa film tersebut adalah The Flu, The Virus, Deranged, Outbreak, dan 28 Days Later.

Gue saranin buat nonton salah satunya Bro. Soalnya film-film tentang pandemi itu seru dan sedang relate dengan keadaan sekarang.

Fakta Terpopuler Bahwa Box Office Yang Lesu Karena Corona


Bayangin aja Bro, Bloodshot cuma dapat USD $9,3 juta selama opening karena sepinya penonton. Padahal film ini punya taksiran yang lebih tinggi dari jumlah tersebut. Bahkan, penurunan jumlah penonton ini lebih besar daripada saat pasca aksi teror yang terjadi pada 11 September 2001 di Amerika Serikat. Banyak pengamat juga yang mengatakan bahwa performa Box Office tahun ini jadi yang terendah dalam 20 tahun terakhir.

Itulah kira-kira 10 fakta unik film Hollywood terpopuler di tahun 2020. Meski baru mau memasuki bulan ke-4, ternyata udah banyak banget hal yang terjadi dalam dunia perfilman.

Film apa nih yang paling lo tunggu-tunggu tahun ini, Bro?