Irrfan Khan berpulang. Ikon Bollywood di Hollywood ini pergi karena memang sudah lama berjuang melawan penyakitnya yang berkutat di masalah pencernaan.

Selama berkarier, aktor keren ini pernah diremehkan di tanah kelahirannya sendiri. Tapi ia begitu 'menonjok' di Hollywood ketika gemilang di film penyabet banyak trofi Oscar, Slumdog Millionaire.

Ada banyak tema film yang ia bintangi dari superhero di The Amazing Spider-Man sampai Jurrasic World. Tapi kita sepakat bahwa tiga film ini adalah pencapaian terbaiknya.

1. Life of Pi



Life of Pi menambah penegasan bahwa Irrfan Khan adalah aktor istimewa. Di film penyabet Oscar untuk sang sutradara, Ang Lee, Irrfan bisa begitu membuai sebagai story teller dengan begitu luar biasa. Levelnya bahkan sudah seperti Morgan Freeman ketika membintangi The Shwashank Redemption. Sebagai pendongeng di film petualangan spiritual, Irrfan mampu membius penonton menyimak kisah hidup dari Piscine Patel yang selamat usai terombang-ambing di samudra nyaris setahun.

2. Slumdog Millionaire



Tentu saja debut Irrfan di layar lebar Hollywood inilah yang bikin ia dilirik banyak sutradara AS. Bermain sebagai inspektur antagonis di film garapan Danny Boyle, Irrfan mampu mengintimidasi Dev Patel, sang lawan main yang ia curigai telah curang dalam kuis yang bisa bikin orang jadi jutawan dalam semalam tersebut. Aksi apik dan bengis Irrfan dengan nada suara yang renyah tapi menyeramkan di film ini adalah bukti ia aktor watak India paling wahid.

3. Inferno



Yang terakhir tentu adalah Inferno di mana ia bermain dengan lawan main sekelas Tom Hanks. Tom sendiri kagum berat Irrfan Khan. Dalam jumpa persnya di Singapura kala mempromosikan sekuel Angels & Demons itu, Hanks mengaku bahwa Irrfan adalah salah satu aktor paling cool, berkarisma serta rendah hati di set. Irrfan memerankan Harry Sims sang agen provos. Ia memburu Robert Langdon atas teka-teki virus mematikan yang diciptakan Bertrand Zobrist (Ben Foster) sang miliuner dan ilmuwan gila yang ingin manusia lenyap dari bumi.