Film sekte selalu begitu menarik karena bukan hanya menyajikan suspense dan horor semata. Tapi karena tema kultus yang emang masih banyak diyakini berbagai daerah, karenanya, film sekte yang kerap berhubungan dengan pemujaan setan dan ajaran sesat selalu menarik.

1. Rosemary's Baby



Film ini sampai kapan pun akan jadi masterpiece dan pelopor premis sekte yang gila. Bahkan film 1968 ini menginspirasi banyak film kultus lainnya. Rosemary's Baby karya Roman Polanski menceritakan seorang perempuan yang ternyata dikawini iblis dan di ending ia melahirkan keturunan setan sungguh twist yang mengejutkan. Film ini bahkan diremake dengan bintang Zoe Saldana, sayangnya nggak sukses.

2. Hereditary



Adam Aster membuktikan dia sutradara milenial yang harus diperhitungkan di skena horor. Hereditary adalah film sekte kebangkitan iblis Paimon yang menghentak karena mendobrak tradisi lawas dan formula basi horor. Ia tampil tanpa jumpscare dan menonjolkan kekuatan premis dan nuansa mistis serta kedalaman akting para aktor-aktornya. Sampai pada akhirnya lo nggak nyangka bahwa Paimon bisa lahir kembali dengan twist yang ngehe.

3. Apostle



Tak jadi mengembangkan The Raid 3, Gareth Evans membuat proyek horor yang cukup gila lewat jaringan Netflix. Evans bikin Apostle tentang sekte menyeramkan di sebuah pulau bernama Eisden Island. Ada dewi yang haus darah yang bisa menyuburkan tanah pulau itu jika diberi minum darah segar dan penyembahan. Nabi palsu di sana gilanya mempraktikkan hal-hal mengerikan agar tanah itu tetap subur. Sentuhan emosi dan efek gore yang gila jadi kekuatan Evans di sini.

4. Midsommar



Usai Hereditary, Ari Aster masih suka ngulik kultus. Kali ini dari tanah Swedia yang punya tradisi Nordik yang justru terlalu kiri dan menyeramkan. Midsommar menceritakan kisah para mahasiswi yang cari bahan riset ke tanah yang akan mereka sesali karena menyimpan segudang misteri menyeramkan. Seperti Apostle, ini juga agak gore.