Seperti yang lo tau, bahwa beberapa waktu belakangan semesta DC emang lagi dihebohkan dengan pengumuman bahwa Snyder Cut akhirnya bakal dirilis di HBO Max setelah diolah ulang dan mendapat sedikit polesan. Snyder Cut sendiri adalah Justice League versi Zack Snyder yang belum rampung produksi ketika sang sutradara memutuskan untuk turun dari posisinya setelah mengalami masalah pribadi. Joss Whedon yang naik ke bangku sutradara pun mengikuti keinginan Warner Bros untuk mengubah Justice League sesuai keinginan mereka.

Gak lama setelah ramai-ramai Snyder Cut di media sosial, sutradara Suicide Squad, David Ayer juga menyuarakan keluh kesahnya terhadap film yang ia arahkan setahun sebelum Justice League. Bisa dibilang, Suicide Squad dan Justice League punya nasib yang mirip setelah dikritik abis-abisan karena ceritanya yang dianggap kacau. Ternyata, dari keluh kesah Ayer terungkap bahwa hasil akhir Suicide Squad adalah hasil rombakan Warner Bros dan bukan hasil akhir yang murni ia kerjakan. Singkatnya, Suicide Squad punya director’s cut versi mereka sendiri. Lalu suara-suara sayup di tentang Ayer Cut mulai terdengar di berbagai medsos.



Dukungan tentang Ayer Cut pun muncul bukan cuma dari kalangan fans, tapi juga James Gunn yang bakal mengarahkan film team-up para villain DC tersebut. James Gunn bahkan mengatakan bakal bersedia menunggu kalau memang Ayer pengen menyelesaikan Ayer Cut lebih dulu sebelum sekuel diproduksi. Dirinya pun menolak secara halus dengan mengatakan bahwa urusannya dengan Warner Bros udah selesai.

Tapi, suara dukungan terhadap Ayer Cut yang gagal lolos ke layar lebar kayaknya bikin sang sutradara berubah pikiran. Belum lama ini, di akun Twitter miliknya, David Ayer meminta fans untuk menyuarakan dan menuntun perilisan Ayer Cut.



Ini bakal menarik kalau benar-benar terjadi Bro. Soalnya, beberapa waktu sebelumnya David Ayer pernah mengatakan bahwa syuting ulang yang diminta Warner Bros merusak cerita yang ada di dalam Suicide Squad. Bahkan film tersebut harusnya punya kaitan yang erat dengan Batman v Superman yang tayang di tahun yang sama.

Reaksi fans dalam cuitan tersebut nunjukin bahwa Suicide Squad yang dianggap buruk di DCEU tetap punya fans setia. Para penggemar ini mungkin ingin karakter kesayangan mereka seperti Joker dan Harley Quinn yang ada di dalamnya diperlakukan dengan sebagaimana mestinya. Bahkan ada teori yang menyebutkan bahwa Joker dalam Suicide Squad versi David Ayer punya peran yang lebih besar daripada versi rilis bioskop.

Apakah Ayer Cut bakal diproduksi? Kalau para penggemar setia DCEU dan komik DC gigih mengampanyekan perilisan Ayer Cut seperti saat menuntut Snyder Cut, bukan gak mungkin HBO Max beserta Warner Bros dan pihak lainnya mewujudkan permintaan tersebut.

Tapi untuk sekarang, lo yang penggemar DCEU harus sabar karena belum ada kabar dan tanggapan lebih lanjut dari pihak studio tentang Ayer Cut ini.