Pengumuman nominasi Oscar 2020 sudah dirilis. Dari film dan aktornya, Oscar kali ini disebut kembali mendapatkan tudingan so white dan so male.

Tuduhan ini sudah ke sekian kali untuk The Academy Awards. Bukan apa-apa, nominasi aktor di tahun ini memang timpang menurut beberapa pihak yang kecewa.

Ada beberapa yang disebut harusnya pantas masuk kategori aktris terbaik macam Lupita Nyong'o yang memukau di film horor, Us garapan Jordan Peele.

Artis berdarah Latin yang kece di The Hustler, Jennifer Lopez. Ia juga dianggap masuk nominasi, tapi sama sekali meleset.



Sudah lebih nyaris tiga dekade, artis berdarah latin atau hispanic sama sekali mencuri atensi di panggung ini semenjak era Rosie Perez di Fearless.

Menilik, nominasinya, kali ini memang panggungnya film Joker arahan Todd Phillips. Joker mendapatkan 11 nominasi Oscar, yang terbanyak dari film lainnya.

Lalu bicara Best Pictures, semuanya adalah film kulit putih. Yang patut diapresiasi adalah Parasite yang mencengangkan.

Karya Bong Joon-ho itu mendampingi Joker, Ford V Ferrari, The Irishman, Jojo Rabbit, Little Women, Marriage Story, 1917, Once Upon a Time.. in Hollywood.



Best actress dihuni Cynthia Erivo (Harriet), Scarlett Johansson (Marriage Story), Saoirse Ronan (Little Woman), Charlize Theron (Bombshell), Renee Zellweger (Judy).

Sementara Best Actor memunculkan nama Joaquin Phoenix yang digadang-gadang akan memenangkan Oscar pertamanya lewat peran villain Batman.

Sisanya aktor kulit putih lain adalah Antonio Banderas (Pain and Glory), Leonardo DiCaprio (Once Upon a Time.. In Hollywood), Adam Driver (Marriage Story) dan Jonathan Pryce (The Two Popes).

Media macam New York Times sampai Los Angeles mengamini bahwa The Academy Awards kali ini sungguh so white dan so male.

Kalau menurut Anda gimana?