Dunia Spider-Man di MCU semakin gila.

Gak cuma Jamie Foxx yang kembali memerankan Electro sebagaimana di film The Amazing Spider-Man 2, tapi juga Alfred Molina bakal memerankan Doctor Octopus sebagaimana di film Spider-Man 2.

Kedatangan Alfred Molina di MCU sebagai Doctor Octopus tentu aja semakin menguatkan rumor kembalinya Tobey Maguire sebagai Spider-Man. Tapi, kabar tentang itu udah terlalu sering dibahas. Meski santer diberitakan, kabar tersebut masih jauh dari kata benar. Belum ada konfirmasi apapun dari sang aktor maupun Sony Picture sebagai pemegang hak komersial Spider-Man.

Tapi ada satu yang menarik buat dibahas. Hal tersebut adalah tentang bagaimana caranya Doctor Octopus bergabung masuk ke MCU nantinya? Gue punya teori yang mungkin bisa terjadi.


Seperti yang lo tau, Doctor Octopus adalah villain utama di film Spider-Man 2 arahan Sam Raimi. Di dalam film itu, Peter Parker yang diperankan Tobey Maguire adalah seorang mahasiswa jenius yang ingin berguru pada Doctor Octopus yang sebelumnya merupakan seorang ilmuwan. Sayang banget, sebuah kecelakaan eksperimen membuatnya jadi jahat.

Dalam film Spider-Man 2, lo sendiri tau bahwa Doc Ock gak benar-benar kalah oleh Spider-Man. Dirinya mengorbankan diri dengan menenggelamkan hasil eksperimennya sendiri ke dalam sungai. Doc Ock pun diceritakan tewas ketika melakukan itu.

Alat hasil penelitiannya adalah sebuah matahari buatan yang punya gaya gravitasi luar biasa. Bisa jadi nih Bro, setelah dirinya tenggelam, alat tersebut gak mati ataupun rusak, tapi berkat gaya gravitasinya yang luar biasa, alat tersebut malah membuka jalan ke dimensi lain dan secara tidak sengaja terhubung ke dimensi Spider-Man versi MCU

Saat masuk ke MCU, dirinya tak sadarkan diri karena hampir tewas tenggelam dan lupa ingatan. Kemudian Doc Ock direkrut untuk jadi villain dalam film tersebut.


Mungkin teori tersebut kedengarannya sedikit memaksakan. Tapi rasanya hal tersebut lebih masuk akal dibandingkan harus menulis ulang karakter tersebut dengan pemeran yang sama. Itu bisa menimbulkan kebingungan di antara para penggemar Spider-Man yang menonton.

Formula yang sama kemungkinan bisa diterapkan pada kedatangan Jamie Foxx sebagai Electro dalam menghadapi Spier-Man versi Tom Holland.

Ada kemungkinan peran Doctor Strange di sini adalah untuk membantu Peter Parker memahami lebih jauh tentang konsep multiverse dari sisi magis.

Kalau menurut lo sendiri, gimana caranya Doctor Octopus nanti bergabung dan masuk ke dalam cerita Spider-Man di MCU?