Hacker yang sempat membuat heboh dan bikin girang para penggemar Game of Thrones akhirnya terungkap. Ternyata yang membocorkan serial populer HBO itu adalah pria kelahiran Iran bernama Behzad Mesri.

Mesri punya nama samaran Skote Vahshat. Menurut Pengadilan Distrik Manhattan, dia didakwa dengan tuntutan kecurangan melalui komputer, penipuan, pemerasan dan pencurian identitas. Dalam keterangannya FBI mengungkapkan bahwa Mesri jadi buronan karena mencuri data penting dan rahasia milik HBO, lalu memeras mereka.

Saat berada di atas angin, Mesri disebut mengancam akan membocorkan episode terbaru dari Game of Thrones sebelu tayang. Ia meminta tebusan senilai US$ 6 juta lewat Bitcoin.

Hacker 'Game of Thrones' Akhirnya Tercyduk

Selain mencuri data Game of Thrones, Mesri juga memiliki akses ke sejumlah serial unggulan HBO seperti Ballers, Curb Your Enthusiasm dan The Deuce. Pertanyaannya, kenapa Mesri begitu piawai mencuri data perusahaan sekelas HBO?

Ternyata Mesri bukan pria sembarangan, bro. Dia adalah anggota hacker Turk Black Hat Security, yang bekerja untuk militer Iran dalam menangkal serangan cyber yang menargetkan militer. Pria berusia 29 tahun itu disebut masih berada di Iran saat ini.

Pihak berwenang AS tak bisa menangkap Mesri, tapi si hacker juga akan was-was dan mungkin tak berani keluar dari Iran.