Joe Taslim dan Para Aktor Sub Zero Pendahulunya

LAZONE.ID - Pas banget, syuting Mortal Kombat-nya sudah bungkus

Nggak dipungkiri buat lo milenial yang lahir akhir 80-an dan melalui masa anak-anak 90-an awal, akan tahu bahwa Mortal Kombat adalah culture pop warisan dunia dari game konsol legendaris.

Setelah dua kali diangkat ke film dan kurang menuai kritik positif, di era kini ada harapan bahwa Mortal Kombat bisa memperbaiki kualitasnya, ditambah ekspektasi itu nyata ada karena digarap rumah produksi sekaliber James Wan.

Disutradarai Simon McQuaid yang dipercaya James Wan, Mortal Kombat lekat dengan kita para Indonesian yang bangga karena peran ikonik dalam MK itu diperankan Joe Taslim.

Sekilas tentang Sub Zero, ninja mematikan yang ahli senjata es ini sudah banyak diperankan oleh aktor-aktor pendahulunya.

Joe Taslim adalah aktor kelima dalam proyek MK yang diangkat ke Live Action (2 film, 2 serial).

1. Francois Petit



Pertama ada Petit, aktor laga asal Prancis. Dia adalah Sub Zero pertama yang diangkat ke layar lebar dengan titel Mortal Kombat arahan sutradar Paul W Anderson yang terkenal mengangkat juga Resident Evil (game konsol legendaris) ke layar lebar. Sub Zero ada dua versi, dan yang diperankannya adalah Sub Zero yang memihak Dark World pimpinan Shao Kahn alias versi Sub Zero Bi Han (sulung). Artinya dia adalah memihak sisi gelap dan jadi anak buah Tsang Sung. Sayangnya, versi ini meleset karena dalam kisah aslinya, Ninja biru es ini dari Asia.

2. Keith Cook



Sub Zero berpindah tangan ke aktor Keith Cook di sekuel MK, yakni Annihilation. Di MK: Annihilation, Keith masih cukup sosok karena wajahnya ada percampuran Asia. Versi Sub Zero ini adalah Lin Kuei, adik dari Bi Han. Lin Kuei sebagai ninja mematikan ahli es justru berpihak pada dunia untuk kedamaian. Ia bukanlah hero, tapi tak memihak Dark World pimpinan Shao Kahn dan Shinnok seperti kakaknya. Di MK ini, Sub Zero versi Bi Han sudah mati di tangan Liu Kang. Uniknya, Keith Cook memerankan ninja hijau alias Reptile di MK pertama. Dalam desain baju ninjanya, Ketih lengkap memiliki codet besar di wajah khas Lin Kuei dan berbaju ninja khas game Mortal Kombat versi ultimate yang sudah modern.

3. JJ Perry



Terakhir ada JJ Perry di serial Mortal Kombat Conquest yang menceritakan leluhur Liu Kang, Kung Lao. Sub Zero diperankan JJ Perry. Perry juga dikenal sebagai martial artist yag nggak heran koreografinya cukup kece sebagai Sub Zero. Perry adalah aktor AS yang lagi-lagi personanya melenceng karena Sub Zero dari culture ninja Asia. Soal setelan ninjanya, paras Sub Zero kembali ke bentuk klasik seperti dalam konsol game perdana atau film MK awal.

4. Kevan Ohtsji



Persona terakhir Sub Zero mendekati sempurna adalah lewat aktor Kanada berdarah Jepang, Kevan Ohtsji. Kevan sempurna dengan perawakan Asia asli karena darah Jepangnya. Sebagai ninja biru pengendali unsur es ini cukup apik memerankan Sub Zero di Mortal Kombat Legacy. MK: Legacy mempunyai space membedah pertempuran abadi antarrival, Sub Zero dan Scorpion. Dari sana, kita tahu mengapa fitnah bisa membuat dua ninja rival ini bertarung sengit. Desain rancangan desainnya lebih otentik karena berwujud pasukan ninja Jepang betulan dibalut beberapa unsur pelindung khas samurai.

5. John Turk



Sebagai bonus, ini adalah Sub Zero ikonik di gamenya bro. Namanya John Turk asal AS. Dia aktor dan juga profesional trainer. Wajahnya dijadikan model utama dari game Mortal Kombat beneran di beberapa edisi. John Turk adalah referensi Lin Kuei dengan ciri khas codet di wajah yang akan terus diingat penggemarnya. Tapi lagi-lagi persona Sub Zero masih melenceng karena perawakan kaukasia yang dimiliki John. Nah, dengan ditunjuknya Joe Taslim sebagai Sub Zero selanjutnya di Mortal Kombat 2021, image Sub Zero pun kembali ke marwahnya.