Sebuah pencapaian besar untuk Marvel Cinematic Universe setelah Black Panther meraih Oscar 2019. Secara resmi mereka telah membuat sejarah baru untuk film yang diadaptasi dari komik.

Black Panther menjadi film superhero pemenang Oscar pertama dalam sejarah Academy Awards. Film ini mampu melampaui The Dark Knight dan The Incredible.

Black Panther telah memenangkan Oscar di Kostum Terbaik, Desain Produksi Terbaik, dan Skoring Asli Terbaik. Mereka hanya kalah dari A Star Is Born di nominasi Lagu Asli Terbaik, Sound Mixing oleh Bohemian Rhapsody dan Best Sound Editing yang dimenangkan Bohemian Rhapsody.

Pencapaian luar biasa meski Black Panther tersisih di nominasi Best Pictures. Film MCU itu dikalahkan oleh Green Book yang menjadi film terbaik tahun ini.



Sejauh ini, film yang diangkat dari buku komik begitu sulit untuk bergabung ke deretan film Oscar. Sedikit sekali film-film itu masuk nominasi.

Di luar The Dark Knight dan Black Panther, sebagian besar film superhero hanya mampu bertarung di kategori efek visual atau suara. Namun kini Oscar sudah berubah beberapa tahun terakhir, ketika Logan dinominasikan untuk Skenario Adaptasi Terbaik.

Film superhero terkenal lainnya masuk nominasi Academy Awards termasuk Spider-Man: Into the Spider-Verse, Suicide Squad, Big Hero 6 dan Spider-Man 2.