Sosok gembong narkoba paling terkenal di dunia, Pablo Escobar, sempat diangkat dalam serial televisi Narcos selama tiga musim. Kini di musim terbaru, Netflix merilis Narcos: Mexico.

Seperti judulnya, serial yang dibintangi Diego Luna (Rogue One: A Star Wars Story) dan Michael Pena (Ant-Man) ini memiliki latar di Meksiko tahun 1980-an. Waktu itu, para kartel narkoba belum terorganisir dan masih bergerak sendiri.

Cerita mengangkat sosok Felix Gallardo (Diego Luna), mantan polisi dari Sinaloa yang kemudian masuk ke lembah hitam. Lewat perdagangan ganja, dia melesat menjadi salah satu tokoh berpengaruh dalam bisnis hitam di Amerika Selatan.

Narcos: Mexico Mulai Tayang di Netflix

Felix dapat julukan The Godfather karena berhasil menyatukan beberapa pemimpin kartel untuk bekerja sama. Dia pun berhasil membangun kerajaannya setelah menjadi pemasok ganja terbesar di dunia.

Tapi ambisi Felix enggak berhenti di situ. Dia mulai bergerak untuk melakukan lobi-lobi supaya kekuatan logistiknya dimanfaatkan untuk mendistribusikan kokain.

Sementara itu, agen DEA, Kiki Camarena (Michael Pena), terus membuntuti jejak Felix dan menunggu kesempatan untuk menghancurkan bisnis haramnya.