Kalau lo adalah penggemar thriller agak-agak gore, Saw adalah film legend bro. Dilahirkan sutradara Australia berdarah Asia, James Wan, Saw pertama punya cerita naskah dan plot twist menyegarkan.

Ditambah unsur gore di film ini, Saw jadi paket komplet. Sayangnya nih, sekuel-sekuel selepas James Wan, agaknya kurang sip dan nendang. Bahkan di endingnya, kesan dipaksa banget.

Nah franchise itu diputuskan untuk masuk 'rezim' baru dan disegarkan lagi lewat rumus klasik pendulang uang: reboot.

Dirangkum beragam sumber, setelah berhenti di Saw IV, Saw akan hadir lagi lewat judul resmi Spiral: From the Book of Saw.



Jigsaw, sang kriminal yang membantai semua orang yang dianggapnya pantas mati akan gentayangan lagi.

Teror boneka dengan wajah aneh dan rekaman suara mengintimidasi pun sudah dinanti-nantikan para penggemarnya lagi --tentu dengan kisah fresh yang terlepas dari beban melanjutkan kisah sebelumnya--.

Tetapi diisyaratkan bahwa alterego Jigsaw kali ini adalah orang lain. Artinya teror Jigsaw diteruskan oleh orang lain yang tak lain adalah pengikut Jigsaw aslinya dan percaya bahwa hukuman menyiksa orang lain karena dendam adalah pembenaran paling hakiki.

Yang menarik, Chris Rock selaku produser dan juga pemain mengatakan bahwa Saw kali ini takkan segelap Saw pertama. Saw kali ini akan menyuguhkan sedikit humor.

Namun Chris memastikan bahwa Saw kali ini bukanlah seperti Scary Movie yang sangat receh.



"Lo tahu, dua lelucon akan bikin beda banget. Saya suka Saw, tapi itu seperti ‘Wah hampir tidak ada humor sama sekali.”," ucapnya.

"ini masih tetap Saw, masih berdarah-darah tapi ada cipratan humor di sana-sini. Namun Ini bukan Scary Movie. Ini adalah Saw,” terang Chris.

Menggandeng Darren Lynn Bousman sebagai sutradara, Saw baru sepertinya jaminan kualitas seperti Saw pertama.

Indikasi lain adalah castnya sendiri yang lumayan wah. Saw kali ini menggandeng Samuel L Jackson, Chris Rock sendiri sampai Ali Johnson.