Ada cerita yang menarik di balik dua film superhero yang lagi nge-hype akhir-akhir ini. Maret lalu, Marvel Cinematic Universe muncul dengan superhero terkuatnya Captain Marvel, katanya bakal jadi superhero kunci di seri Avengers : Endgame nih, Bro.

Selang berapa waktu, pesaing MCU, DC Extended Universe (DCEU) gak mau kalah, dengan ngeluarin superhero kocak mereka, Shazam. Dua-duanya dapet sambutan yang meriah dari para penggemarnya.

Asal lo tau ya, Bro. Ternyata diciptakannya karakter superhero DC Shazam, awalnya muncul bukan dengan nama Shazam. Shazam yang merupakan singkatan dari Solomon, Hercules, Atlas, Zeus, Achilles, dan Mercury ini awal sekali dinamai Captain Marvel lho, Bro. Jadi Shazam yang sekarang filmnya lagi tayang itu, dulu namanya Captain Marvel, Bro.

Tapi sayang, rumah produksi yang pertama kali memproduksi komik superhero kocak itu, berhenti memproduksi komiknya tahun 1953, karena ada masalah hukum gitu, Bro. Nah peluang ini diambil sama rumah produksi Marvel untuk bikin karakter superhero dengan nama Captain Marvel, dan langsung dipatenkan oleh Marvel sebagai hak cipta.

Alhasil, Fawcett Picture yang pertama kali nyiptain karakter tersebut gak bisa lagi pake nama Captain Marvel, karena udah dipatenkan oleh Marvel Comics. Makanya, karakter yang semula punya nama Captain Marvel itu, oleh DC Comics dan Fawcett Picture diberi nama ‘Shazam’, Bro.

Wah, rumit juga ya permasalahan antara DCEU dan MCU untuk ngerebutin nama ‘Captain Marvel’. Nah, menurut lo yang udah nonton, kerenan film Captain Marvel atau Shazam nih, Bro?