Masih inget kata-kata Jill Gladys dalam opening Webinar Joko Anwar kemarin? Yup, she said, “If You want to be a pro, you have to learn from the expert.” Nah, buat loe yang udah ngikuti Webinar #LAIMBikinFilmYuk, pasti udah siap bikin film sendiri. Are you ready, guys?

Emang nggak lebih dari satu jam tapi Joko Anwar udah membocorkan banyak sekali tips and trik yang mungkin kalau dijadiin buku bisa ratusan lembar. Loe juga pasti udah sangat mengenal karya-karya pria medan ini, misalnya aja Janji Joni, Kala, Arisan dll yang mendapatkan apresiasi yang luar biasa. Jadi, nggak ada alasan untuk mempertanyakan kapasitasnya sebagai sineas jempolan.

Pada Webinar ini, Joko Anwar menceritakan gimana cara bikin film pendek yang baik. Mengapa film pendek? Pasalnya, lewat karya ini lah loe bakal mampu diterima untuk tergabung dalam industri film besar. Ibarat loe ngelamar kerja, deretan film pendek hasil buatan loe adalah portofolio.

Bikin film pendek sendiri juga sama susahnya seperti karya-karya berbudget mahal. Nah, langkah awal untuk loe membuat film pendek adalah memikirkan proses kreatifnya. Mulai dari pra produksi, kemudian produksi, lalu bagian akhir adalah editing dan penambahan elemen-elemen lain. Semua tahapan ini sama pentingnya, jadi jangan menitik beratkan pada satu bagian aja misalnya cuma memaksimalkan tahap produksi, ungkap Joko.

© kapanlagi

Karakter dan ide jadi bagian paling penting selanjutnya yang harus loe lalui. Joko memberikan tips biar loe bisa memandang apa pun sebagai ide. Pertama loe harus haus akan informasi entah dari mana pun sumbernya. Kedua jangan pernah batasi angan-angan, lalu yang terakhir adalah diskusikan dengan temen yang menurut loe punya taste film yang nggak biasa atau keren. Intinya, ‘just think’.

Karakter juga jadi bagian berpengaruh dalam sebuah film. Mau sebagus apa pun teknik pengambilan gambarnya, orang nggak bakal ngeh jika karakter yang loe buat nggak kuat dan mempengaruhi penonton. Nah, bikin karakter seperti ini nggak susah kok. Loe cuma harus membeberkan biografi secara lengkap dan detail, lalu sampaikan hal ini kepada penonton. Joko mengungkapkan kalau karakter yang seperti ini lah yang lebih dipercaya penonton.

Well, siapa yang bilang bikin film pendek itu gampang? Tapi, bukan berarti loe nggak bisa bikin. Setelah puas dengan penjelasan dan masukan dari Joko Anwar, bersiaplah terinspirasi lebih gila lagi lewat webinar berikutnya. Yup, kali ini Anggy Umbara siap menjelaskan loe lebih detail tentang Penyutradaraan. Lalu dilanjutkan dengan Barry Likumahuwa & Sentot Sahid yang bakal membuat loe mengerti akan pentingnya sebuah music scoring dan film editing dalam film.

Yup, seperti webinar sebelumnya loe bisa menikmati diskusi langka ini dengan register di laindimovie.com/webinar. Buruan daftar biar kesempatan loe jadi moviemaker makin lebar. #LAIMBikinFilmYuk, saatnya film loe yang ditonton!