Lo pasti pernah dengar tentang band Indie kan! Adapun nama indie sendiri diambil dari bahasa Inggris yaitu ‘Independen’ yang artinya bebas, mandiri, merdeka atau tidak bergantung pada yang lain. Band ini sendiri menggunakan gerakan musik yang bebas dan terbilang mandiri. Bahkan band yang yang satu ini tidak tergantung pada sebuah label atau juga perusahaan tertentu. Karena tidak terikat kontrak itulah yang membuat mereka menciptakan lagu sesuai keinginan mereka, dan tanpa ada peraturan tertentu.

Karena masalah tersebut, membuat lagu indie indonesia jadi kurang dikenal, dan proses rekaman, pemasaran serta jadwal manggung jadi sedikit terhambat. Buat lo yang penasaran dengan grup band indie yang ada di Indonesia, berikut nama – nama musisi tersebut :
 

1. Band Indie Mocca

Musisi Band Indie Mocca

Tepatnya pada tahun 2002 silam, band asal Bandung ini berdiri. Lagu Band  indie indonesia yang satu ini, terbilang cukup hits di hampir semua radio. Tidak hanya itu, termasuk salah satu band dengan aliran swing, yang sukses secara independen dan berhasil menembus angka penjualan yang cukup tinggi. Menariknya tidak hanya sukses di Indonesia, namun juga di Jepang.     

Baca Juga: Fakta Unik Danilla, Sang Ratu Indie



Koleksi lagu yang populer dinyanyikan oleh Mocca ini cukup banyak, antara lain I Remember, On The Night Like This, My Only One, Secret Admirer, dan yang lainnya.
 

2. Band Indie Efek Rumah Kaca

Musisi Band Indie Efek Rumah Kaca

Adapun musisi indie indonesia berikutnya adalah efek rumah kaca, atau yang kerap disingkat jadi ERK. Band asal jakarta ini terbentuk pada tahun 2001 silam. Di masyarakat, band yang satu ini dikenal sebagai salah satu musisi yang kerap mengeluarkan musik atau lagu yang menyentuh hati dan juga kerap memotret keadaan sosial yang terjadi di sekitar mereka atau juga di semua lapisan masyarakat yang ada.

Salah satu dari koleksi lagu yang dimiliki adalah ‘Jatuh Cinta itu Biasa Saja’, yang menceritakan tentang sepasang kekasih yang saling mengerti satu sama lain, tanpa harus bersikap terlalu berlebihan.
 

3. Band Indie The Adams

C:\Users\user\Downloads\job 13-12-21\20 Lagu & Musisi Indie Indonesia Karya Terbaik\3.Musisi Band Indie The Adams.jpg

Band yang satu ini berasal dari Jakarta, dan mengusung aliran musik Power Pop. Hadir sejak tahun 2001 silam, band yang awalnya bernama Lonely band ini, kemudian berganti nama jadi The Adams pada tahun 2002. Sampai saat ini band Indie tersebut, sudah merilis 3 buah album studio.

Koleksi album terbarunya berjudul ‘Agterplaas’, dimana kata tersebut berasal dari Afrika Selatan, yang artinya ‘Teras Belakang’.
 

4. Band Indie Sore

Band Indie Sore

Baca Juga: Kisah Efek Rumah Kaca Terpaksa Indie



Sore sendiri adalah band Indie asal Jakarta yang dibentuk tahun 2002 silam. Menariknya band dengan aliran pop ini, sudah membuat banyak prestasi, baik ketika tampil di Malaysia, dan juga masuk ranking 5 teratas akan band yang wajib didengar versi Time Asia. Yang paling menarik adalah para personilnya ternyata kidal.

Dengan menggunakan gaya musik jadul dengan nuansa jazz yang ringan, salah satu judul lagu yang cukup populer adalah ‘Pergi Tanpa Pesan’. Dimana inti dari lagu tersebut mengisahkan tentang seseorang yang mencari belahan hati.
 

5. Band Indie White Shoes & The Couple Company

Band Indie White Shoes & The Couple Company

Buat lo yang pernah nonton film ‘Janji Joni’, pasti tahu tahu band Indie yang satu ini. Lantaran soundtrack film tersebut memang diisi oleh band yang satu ini.  Sering kali disingkat dengan WSATCC, termasuk salah satu senior di dunia musik Indie di tanah air. Band asal Jakarta yang lahir di tahun 2002 ini, menggunakan aliran musik pop. Menariknya band ini tidak hanya terkenal di Indonesia, namun juga di Amerika.

Salah satu lagu yang cukup populer adalah ‘Kisah dari Selatan Jakarta’, yang berkisah tentang sebuah kisah sedih akan asmara yang dialami oleh seseorang.
 

6. Band Indie Payung Teduh

Band Indie Payung Teduh

Untuk band indie yang satu ini pasti lo kenal dong. Terdiri atas 4 orang pria, yang tidak lain alumni UI, dibentuk di Jakarta pada akhir 2017 kemarin. Adapun aliran musik yang digunakan oleh band yang satu ini adalah perpaduan antara pop, keroncong jazz, guna membuai para penggemarnya.

Diantara koleksi lagu yang ada, yang terbilang cukup populer dan disukai oleh para penggemarnya adalah ‘Perempuan yang Sedang Dalam pelukan’ dan juga ‘Akad’. Hampir semua pendengar akan merasa terbuai oleh liriknya.  
 

7. Band Indie The Panturas

Musisi Band Indie The Panturas

Buat lo yang suka dengan band bernuansa surf - rock, maka band indie The Panturas pas buat lo. Band ini sendiri terbentuk pada tahun 2012 kemarin, dan berasal dari kawasan Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Beranggotakan 4 orang personil dan hingga saat ini sudah mempunyai album dan juga 3 buah single.

Salah satu lagu yang terbilang cukup populer, dan mungkin saja pernah lo denger adalah ‘Putra Petir’, dimana isi lagu tersebut tentang seorang Gundala yang mempunyai kekuatan super.
 

8. Band Indie Fourtwnty

Band Indie Fourtwnty

Fourtwnty adalah band indie indonesia berikutnya yang akan dibahas.  Berdiri di tahun 2010 silam di Jakarta, dan beranggotakan 3 orang, yaitu Ari Lesmana, Roots dan Nuwi. Walaupun baru, namun nama band ini terbilang cukup terkenal, karena pernah mengisi soundtrack film ‘Filosofi Kopi 2’.

Dimana judul dari lagu tersebut adalah ‘Zona Nyaman’. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang berusaha untuk keluar dari zona nyaman yang ada pada dirinya.   
 

9. Band Indie Banda Neira

Band Indie Banda Neira

Band yang satu ini hanya terdiri atas 2 orang, yaitu Rara Sekar dan Ananda Badudu. Yang menarik adalah Banda Neira ini adalah proyek iseng yang dilakukan oleh kedua personel tersebut. Tapi gak ada yang sangka keisengan tersebut membuahkan 4 buah lagu yang menarik untuk didengarkan. Sayang band yang satu ini harus bubar tahun 20126 kemarin, setelah beberapa tahun berkarya.

Adapun 4 buah lagu yang pernah dikeluarkan tersebut antara lain ‘di Atas Kapal Kertas’, “ke Entah Kemana’, ‘Kau Keluhkan’ dan juga ‘Rindu’.
 

10. Band Indie Barasuara

Band Indie Barasuara

Barasuara ini adalah band indie asal Jakarta yang digawangi oleh TJ Kusuma, Gerald Situmorang, Puti Chitara, Asteriska, dan juga Marco Steffiano. Dimana band ini sendiri merilis album pertamanya dengan judul Taifun di tahun 2015 kemarin. Yang menarik adalah band ini menggunakan aliran rock, dan memfokuskan lagu-lagunya dengan semangat anak muda.

Salah satu lagu yang cukup populer adalah ‘Taifun’, dengan inti lagu tentang adanya pilihan dalam hidup.    
 

11. Musisi Band Indie Reality Club

Band Indie Reality Club

Termasuk kategori band Indie Rock, dimana band ini sendiri dibentuk pada tahun 2016 kemarin. Walaupun baru, namun band ini cukup terkenal di kalangan anak muda. Lantaran vokalis nya sendiri adalah salah satu Youtuber terkenal, yaitu Fathia Izzati. Tidak hanya itu, kualitas musik yang mereka miliki juga terbukti sangat baik, terbukti pernah masuk kedalam nominasi Pendatang Terbaik dan Karya Produksi Alternatif Terbaik, yang diselenggarakan oleh Anugerah Musik Indonesia di tahun 2018 kemarin.

Salah satu lagu yang cukup populer diantaranya adalah ‘Telenovia’, adapun cerita dari lagu tersebut adalah tentang kebingungan akan cinta yang dimiliki oleh seseorang.
 

12. Musisi Band Indie Feast

Band Indie Feast

Band Feast termasuk salah satu musisi indie indonesia, yang cukup populer belakangan ini. Mengusung aliran rock, dimana personilnya sendiri adalah kumpulan mahasiswa dari FISIP UI. Pertama kali merilis lagu tahun 2017, dan mulai populer di tahun 2018 kemarin. Cerita yang diusung kebanyakan bercerita tentang realitas dan juga kriminalisasi di Indonesia, misalnya saja kasus korupsi, pemberontakan, dan yang lainnya.

Salah satu lagu yang berjudul ’Peradaban’, terbilang cukup populer, dimana cerita dari lagu tersebut tentang perdebatan dan keinginan untuk Indonesia bangkit seperti seharusnya, menjadi bangsa yang besar.   
 

13. Musisi Band Indie Discus

Band Indie Discus

Mungkin banyak dari lo yang belum mendengar tentang band indie yang satu ini. Dengan menggunakan aliran rock progresif, membuat karya yang dikeluarkan hanya dapat dinikmati oleh segelintir orang saja. Tapi menariknya penampilan dari setiap lagu indie indonesia, dibuat berbeda dalam semua pertunjukan yang dibuat.

Salah satu lagu yang jadi andalannya adalah ‘P.E.S.A.N”, tidak akan dilirik oleh peminat di Indonesia, namun ternyata juga diminati oleh orang di Amerika dan juga Eropa.
 

14. Musisi Band Indie Bangkutaman
 

Band Indie Bangkutaman

Dari namanya, lo pasti ingat akan sebuah tempat duduk yang ada di sebuah taman. Memang tidak salah, 4 orang pria asal Jogja ini memang membawakan berbagai macam lagu yang berhubungan dengan dunia kita sehari-hari.

Salah satu lagu yang dibawakan oleh band dengan aliran British Pop ini adalah ‘Pekerja’, yang memang menceritakan tentang pada pekerja.
 

15. Musisi Band Indie The Trees and The Wild

Band Indie The Trees and The Wild

Yang menarik dari band Indie yang satu ini adalah kemurnian suara yang dimiliki oleh sang penyanyi. Tidak seperti band indie lainnya, melainkan mengusung musik akustik, yang membuat para penonton terbawa ikut masuk ke dalam lagu yang dinyanyikan.

Kalau tidak percaya coba saja dengarkan ‘irish Girl’ yang menceritakan tentang 2 orang yang tidak tahu apa yang mereka inginkan.  
 

16. Musisi Band Indie Hightime Rebellion

Band Indie Hightime Rebellion

Yang menarik dari lagu musisi indie indonesia yang satu ini adalah lead vocal dari band tersebut yang adalah seorang wanita, dengan kualitas suara yang jernih. Sedangkan pemain band lainya adalah para pria. Adapun musik yang dibuat kebanyakan funk pop, pastinya menarik buat lo dengerin.

Koleksi lagu yang bisa lo dengerin dari band indie yang satu ini adalah ‘sail’ yang bercerita tentang berlayar dalam kehidupan.  
 

17. Musisi Band Indie Dialog Dini Hari

Band Indie Dialog Dini Hari

Band Indie yang satu ini terdiri atas 3 orang yang masing- masing memegang alat musik, mulai dari bass, gitar dan drum. Walaupun terbilang simpel, namun lagu-lagu yang mereka bawakan ini mampu mendamaikan jiwa para pendegarnya.

Coba saja dengarkan lagu yang berjudul ‘Tentang Rumahku’, dimana cerita yang dibuat oleh para pria kelahiran Denpasar ini tentang cerita sebuah rumah.  
 

18. Musisi Band Indie Nadafiksi

Band Indie Nadafiksi

Band asal bandung ini akan memadukan berbagai macam suara khas dari jazz secara menarik. Hingga menghasilkan suara yang juga tidak kalah unik.

Salah satu lagu yang pa buat lo dengerin adalah ‘Teoerma’, dimana cerita dari lagu tersebut adalah tentang seseorang yang sedang kebingungan.  
 

19. Musisi Band Indie Swimming Elephant

Band Indie Swimming Elephant

Band indie asal Jakarta ini, menggunakan komposisi musik dengan nuansa pop yang bercampur dengan orkestra.

Salah satu lagu yang ditawarkan adalah ‘Sarah’, yang menceritakan tentang kisah cinta seseorang pada wanita bernama Sarah.  
 

20. Musisi Band Indie Anwar Sheet

Band Indie Anwar Sheet

Musisi kali ini memproduksi lagu berbahasa Inggris, yang tetap terasa catchy untuk didengar ketika dikombinasikan dengan pop.

Salah satu lagunya berjudul ‘Stay Alive’, tentang kehidupan seseorang yang sedang kebingungan.

Demikianlah beberapa grup band dan  musisi indie indonesia, buat lo yang sedang mencari band Indie yang disuka, atau buat lo yang memang suka akan band Indie tersebut.