ADAM SHEILA ON 7: "MTL Ajang Pertemuan Musisi Dengan Calon Partner Bisnis"

LAZONE.ID - ADAM SHEILA ON 7: "MTL Ajang Pertemuan Musisi Dengan Calon Partner Bisnis"

Kekuatan musik dan lirik lagu pada karya-karya Sheila on 7 (So7) telah menjadi bagian penting dari perjalanan hidup para penggemarnya dari tahun 1996 awal terbentuk hingga sekarang, membuat band asal Yogyakarta yang digawangi Duta (Vocal), Eross (Gitar), Adam (Bass) dan Brian (Drum) ini menjadi salah satu band yang paling eksis di kancah musik Indonesia sampai saat ini.

Setelah merilis album studio yang Ke-8 dengan tajuk 'Musim Yang Baik' tahun 2014 yang lalu, hingga saat ini Sheila On 7 masih terus disibukkan dengan jadwal show mereka di seluruh Indonesia. Dalam rangka persiapan konser Sheila On 7 yang akan digelar nanti pada tanggal 12 Agustus 2015 di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin, Tim MTL juga berkesempatan mewawancarai salah satu personil Sheila on 7 yang bernama Adam. Apa saja pesan-pesannya untuk ajang Meet The Labels kali ini, langsung Guys kita simak.


MTL (M): "Kira-kira berapa album yang sudah dimiliki So7 selama ini?"

ADAM (A): "Ada 8 album studio, 1 album The Best dan 1 album Soundtrack."

(M): "Rencana album baru setelah yang kemarin (Musim Yang Baik 2014) apakah sudah ada lagi?"

(A): "Belum ada, karna masih baru dan masih jalan juga manggungnya hingga sekarang, jadi, ya jalanin aja dulu."

(M): "Kira-kira apa saja yang sudah menjadi pencapaian karir Sheila on 7 menurut Adam?"

(A): "Sebenarnya pencapaian karir band itu adalah perform (manggung). Perform di depan penggemarnya sebanyak-banyaknya dan kalau band itu punya karya sendiri, ya karya sendirinya bisa diperdengarkan sebanyak-banyaknya ke masyarakat luas, jadi selama kita masih bisa perform ya itulah merupakan pencapaikan karir."

(M): "Rencana dari So7 yang belum kesampaian apakah ada kira-kira?"

(A): "Kembali dengan pertanyaan sebelumnya, sebenarnya rencana itu ada seiring dengan perjalanannya aja, karena semua ini kan sebenarnya gak pernah direncanakan, tapi kan kita jalanin dan diusahakan, itu semua merupakan reaksi dari proses yang kita jalani."

(M): "Sheila on 7 ada kepikiran untuk bikin film ga?"

(A): "Hahahahaha,... Sekali lagi, itukan ga ada dalam rencana, tapi kalau tiba-tiba kita dapat tawaran main film ga menutup kemungkinan, selama ini yang baru main film Duta doank, yang lainnya belum memang."

(M): "Untuk Award atau penghargaan yang pernah diperoleh So7 apa saja selama ini?"

(A): "Alhamdulillah, hampir semua Award yang ada, pernah didapatkan Sheila on 7, misalnya MTV Awards, AMI Award, Clear Top Ten, Penghargaan dari media-media di Yogyakarta, dan lain-lain hingga yang terakhir Indonesian Choice Awards di Net TV tahun 2014 untuk Album 'Musim Yang Baik'. Dan juga yang membuat So7 bisa dianugrahi penghargaan-penghargaan itu tentu tidak terlepas dari support para Sheila Gank."

(M): "Menurut Adam, album/single So7 apa yang paling sukses?"

(A): "Kembali ke arti kata, sukses kan macam-macam, misalnya single lagu 'Kita', lagu itu ada sebelum So7 punya album, dengan single lagu 'Kita', lagu ini sukses memperkenalkan Sheila Gank (sebelum bernama Sheila on 7) ke masyarakat melalui jaringan salah satu radio. Dulu kita pernah ikut program 'The Indie' namanya dari sebuah radio tersebut, lagu 'Kita' diputar di jaringannya dan lagu itu sukses. Sebelum punya album, orang sudah tau lagu itu, tapi gak tau siapa penyanyinya. Jadi setelah album pertama dirilis, hasilnya lebih kurang sesuai dengan yang diprediksi oleh label, bisa dibilang sukses. Untuk lagu 'Kita' mencapai 200 Ribu Copy sampai 250 Ribu Copy kalau ga salah dan untuk jaman itu sudah tinggi sekali. Kemudian single kedua 'Dan' terjual 800 Ribu Copy s/d 900 Ribu Copy, kemudian single lagu 'Sephia' sampai 2 Jutaan Copy dan yang sekarang “Lapang Dada” juga Alhamdulillah dapat awards."

(M): "Single atau Album yang mana yang Sheila on 7 anggap itu musik 'Gue Banget'?"

(A): "Harusnya pertanyaannya itu untuk semua personil ya, karna semua album itu mewakili eranya masing-masing. Maksudnya waktu album pertama mewakili pengetahuan musik di era itu, begitu juga album-album yang lain, jadi semua lagu yang kita jadikan album itu merupakan lagu kita banget."

(M): "Bagaimanakah menurut Adam tentang ajang Meet The Labels?

(A): "Sebenarnya Label itu idealnya kan menjadi partner musisi, dengan konteks bahwa kita akan saling mendukung dan saling menguntungkan. Istilahnya kita akan bisa berbisnis. Jadi sudah semestinya juga si Musisi yang akan dikontrak Label harus sudah teredukasi juga dengan hal-hal yang berbau ilmu kontrak kerjasama, agar terbentuk sebuah kerjasama yang saling menguntungkan bagi musisi yang terpilih, sehinga istilahnya duduk sama rendah berdiri sama tinggi, maka akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan setelah berjalannya kerjasama antara Musisi dan Label."

(M): "Pesan khusus dari Adam untuk peserta MTL?"

(A): "Disamping mempersiapkan ilmu tehnis bermusik dan karya lagu, minimal nanti jika terpilih, jangan lupa konsultasikan juga ke teman atau saudara yang mengerti akan segala macam bentuk kerjasama bisnis atau kontrak kerjasama, agar bisa tercipta sebuah kerjasama yang saling menguntungkan dan bagus."


Nah, bisa diamati juga pesan dan kesan Adam untuk para peserta Meet The Labels, dimana ternyata ilmu tentang yang namanya sebuah kontrak kerjasama diharapkan juga untuk diketahui oleh musisi-musisi yang baru akan masuk ke dunia musik profesional Indonesia, di samping mempersiapkan ilmu tehnis dalam bermain musik dan berkarya, jadi selamat berburu ilmu tersebut Bro & Sist. (/MTL)