Ahmad Albar Terima Royalti Gede Dari Malaysia

LAZONE.ID - Di saat beberapa penyanyi dipusingkan dengan masalah royalti yang nggak dibayarkan oleh beberapa pihak pemilik tempat karaoke, Ahmad Albar justru bisa tersenyum lebar.

Di saat beberapa penyanyi dipusingkan dengan masalah royalti yang nggak dibayarkan oleh beberapa pihak pemilik tempat karaoke, Ahmad Albar justru bisa tersenyum lebar. Pasalnya penyanyi rock legendaris ini baru aja mendapatkan royalti berkat salah satu lagu populernya, Zakiah.

Seperti yang diketahui, band asal Malaysia, Jinbara, menyanyikan ulang lagu Zakiah bersama dengan grup rap malaysia,  Ahli Fiqir. Sejak resmi dirilis, ayah dari Fachri Albar ini pun kecipratan untung.

Dikutip dari Antara News, Ahmad Albar bersyukur karena lagu yang udah berusia 35 tahun tersebut ternyata masih diminati. Yang bikin vokalis Godbless ini makin bangga tentu saja kenyataan jika lagu tersebut ternyata populer di Malaysia.

Ketika ditanya mengenai seberapa besar nominal yang didapatkannya, Ahmad Albar enggan untuk menjawabnya. Namun sebagai apresiasi sebuah karya cipta, jumlahnya sepertinya lebih dari cukup.

Lagu Zakiah sendiri diciptakan oleh Ahmad Albar bersama Ian Antono. Kala itu, lagu ini terbilang cukup menjadi hits. Nggak hanya pada masanya aja, sampai sekarangpun lagu bernada arab ini masih banyak diingat.

Sebelum Jinbara dan Ahli Fiqir, ternyata ada penyanyi Malaysia lain yang merilis ulang lagu ini yakni Sweet Charity. Berbeda dengan Jinbara, Sweet Charity sama sekali nggak memberikan royalti, pasalnya kala itu masih belum ada perjanjian royalti antara Indonesia dan Malaysia.

Musisi dari luar Indonesia aja bisa kok mengapresiasi karya musisi negeri ini, tapi kenapa masih banyak permasalahan royalti musisi dalam negeri yang belum terselesaikan yah?