Berakhirnya 'Perang Saudara' Jimi Hendrix

LAZONE.ID - Meski sudah meninggal, nama Jimi Hendrix seperti masih punya pesona tersendiri.

Meski sudah meninggal, nama Jimi Hendrix seperti masih punya pesona tersendiri. Nggak heran, namanya kerap diperebutkan untuk keperluan di dalam atau pun di luar musik.

Bahkan nama besar Jimi Hendrix juga sempat membuat 'perang saudara' di antara keluarganya. Perang dimulai saat dua adik Jimi, Janie Hendrix dan Leon Hendrix berebut soal siapa yang layak memegang lisensi nama sang kakak.

Janie sendiri sempat menjalankan Experience Hendrix L.L.C, sebuah lembaga yang mengatur soal lisensi hingga royalti karya-karya Jimi Hendrix. Kemudian Leon, juga sempat membuat sebuah website hendrixlicensing.com yang juga mengatur lisensi dari nama Jimi Hendrix.

Sudah bisa ditebak, keduanya pun disebut sudah berebut lisensi nama Jimi Hendrix semenjak sang legenda meninggal pada 1970 silam. Leon jadi yang pertama pihak yang membawa kasus ini ke pihak pengadilan.

Suasana semakin memanas saat ayah Jimi, James 'Al' Hendrix meninggal pada 2002 lalu. James yang sempat menjalankan bisnis properti yang juga memakai nama Jimi Hendrix mewariskan uang sekitar 80 juta dollar kepada Janie.

Permusuhan dua saudara Jimi itu pun seperit semakin menjadi-jadi. Dan, akhirnya semua masalah itu selesai tepat Agustus ini.

Pihak pengadilan Seattle akhirnya menutup kasus perebutan lisensi Jimi dengan memberikan kepercayaan agar dua kakak-beradik bisa membagi tugas dalam menjaga lisesnsi Jimi. Website hendrixlicensing.com akhirnya ditutup dan Leon pun diperintahkan untuk mengurus bisnis properti yang memakai nama Jimi Hendrix.

Dan, akhirnya arwah Jimi Hendrix kayak bisa tenang dengan berakhir 'perang saudara' yang sudah terjadi 40 tahun itu.