Berbagai Musisi Berbagai Negara Ramaikan Jakipa 2014

LAZONE.ID - Gelaran Jakipa 2014 nggak hanya sukses memperkenalkan budaya Indonesia di pentas internasional, tapi juga makin mendekatkan hubungan Indonesia dengan negara-negara peserta.

Akhir tahun rupanya jadi pilihan banyak penyelenggara event sebagai waktu yang pas untuk menggelar acara. Yup, seperti gelaran keren Jakarta International Performing Art (Jakipa 2014) yang baru aja selesai beberapa hari yang lalu. Salah satu hajatan besar para pecinta musik ini digelar di Plaza Taman Monas, Jakarta, selama dua hari dan berhasil mengundang sekitar 100 performer dari lima negara.

Sebagai tuan rumah, panitia pun berhasil menggandeng Ras Muhamad, Kuno Kini dan beberapa pengisi acara yang lain. Sedangkan dari berbagai negara tercatat nama-nama beken seperti, Sanshin dan Taiko Okinawa dari Jepang, Jordan Adams dari Australia, serta Natasha Usmar dari Inggris. Ada pula beberapa seniman yang berasal dari Perancis.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta selaku penyelenggara, mengambil tema Art Meets Culture sebagai tema Jakipa tahun ini. Arie Budiman selaku perwakilan berharap event ini mampu membuat masyarakat Indonesia lebih bisa menghargai budaya sendiri.

“Seni pertunjukan merupakan seni kreatif kontemporer yang dikembangkan dari seni tradisi dan kearifan lokal yang tumbuh di masyarakat setempat. Indonesia kaya akan budaya dan seri pertunjukan berkembang cukup pesat. Oleh karena itu diharapkan masyarakat lebih menghargai budaya sendiri sebagai jati diri dan bangga menjadi bangsa Indonesia,” ungkap Arie Budiman.

Nggak hanya  untuk memperkenalkan budaya, event ini juga bertujuan mempererat dan menjaga hubungan diplomasi. Budiman juga mengatakan jika membangun hubungan bisa menggunakan cara apa pun, termasuk kesenian.

“Hubungan diplomasi harus dijalin dari berbagai aspek, salah satunya bisa dari seni. Pemilihan sangat ketat, karena dengan apa yang mereka tunjukkan sudah di level dunia. Makanya kami juga menyelenggarakan ini di Monas sebagai ikon Jakarta,” tutup Arie Budiman.