Selandia Baru memang berbeda. Jarak sosial tak lagi diperlukan setelah negara itu membasmi virus corona.

Mereka menggelar konser terbesar sejak era pandemi menghadirkana 50 ribu penggemar. Band Six60 tampil di stadion rugby Eden Park. Band beranggotakan lima orang itu tampil maksimal.

"Sangat penting bagi kita sebagai manusia untuk bisa berkumpul dan menyanyikan lagu yang sama bersama. Itu membuat kita merasa seperti menjadi bagian dari sesuatu," kata sang penyanyi, Matiu Walters.

Baca Juga: Pamungkas: Dari Jaga Audio TV, Kini Paling Dicari



Mereka berharap musisi di seluruh dunia dapat memainkan pertunjukan langsung lagi. Ia juga tahu benar bagaimana rasanya terkunci karena pandemi.

"Kami tahu bagaimana rasanya terkunci. Itu menyebalkan. Dan kami tidak tahu apakah kami akan bisa tampil lagi," katanya dalam sebuah wawancara sebelum pertunjukan. "Tapi kami beruntung, karena beberapa alasan, di sini di Selandia Baru."



Gitaris Ji Fraser mengatakan sambutan yang mereka terima saat dalam perjalanan untuk tur musim panas begitu luar biasa.

"Sungguh menakjubkan melihat betapa fanatiknya orang-orang, dan bersemangat keluar dan melihat musik langsung, dan melihat sesuatu yang menyeret mereka keluar dari tahun yang brutal dan panjang," katanya.

Band ini telah mendorong perubahan dengan konser di Eden Park. Tetapi tidak semua senang. Salah satu yang keberatan adalah mantan Perdana Menteri Helen Clark.

Walters menambahkan bahwa Clark akan disambut di konser tersebut. "Six60 untuk semua orang. Dan mungkin jika dia datang dan menikmati dirinya sendiri, dia akan berubah pikiran."